visitaaponce.com

Destinasi Wisata Di Bandung Barat Tetap Buka Selama Libur Nataru

Destinasi Wisata Di Bandung Barat Tetap Buka Selama Libur Nataru
Salah satu destinasi wisata di Bandung Barat, Jawa Barat.(ANTARA)

TEMPAT-tempat wisata di wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat kemungkinan tidak akan ditutup saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) meski ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, objek wisata kemungkinan tetap dibuka karena dalam Inmendagri tidak tercantum tentang penutupan sektor pariwisata saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. "Insya Allah tetap buka (objek wisata) tapi dengan pembatasan pengunjung. Inmendagri kan statusnya level 3 tapi ada beberapa aturan, saya lihat di situ tidak dicantumkan tempat wisata harus ditutup," kata Hengky, Senin (29/11).

Pihaknya, jelas Hengky, sudah berkirim surat ke Kemeneterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berisi permintaan Pemkab Bandung Barat agar memiliki kewenangan perihal pengaturan pengunjung objek wisata saat Natal dan Tahun Baru. "Pernyataan Menteri Pariwisata, Pak Sandiaga Uno juga menyatakan level 3 itu tidak menutup tempat wisata, tapi membatasi," ucap Hengky.

Ia menyatakan, sangat disayangkan jika objek wisata ditutup disaat iklim bisnis pariwisata yang mulai pulih setelah dihantam pandemi Covid-19. Apalagi sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dimanfaatkan untuk pembangunan.

"Sayang kalau pariwisata ditutup, sedangkan itu kan salah satu PAD kita. Jangan pariwisata selalu dijadikan kambing hitam," tambah Hengky.

Selama objek wisata dibuka, pengelola wisata bersama pemerintah berjanji akan lebih memperketat protokol kesehatan, disamping menerapkan aplikasi PeduliLindungi di objek wisata untuk mencegah penularan Covid-19.

"Pariwisata di kita sangat ketat menerapkan protokol kesehatan dan kita dorong menggunakan aplikasi PeduliLindungi.  Mudah-mudahan tidak terjadi kerumunan," jelasnya. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat