visitaaponce.com

Koster Larang Ogoh-ogoh Diarak Saat Nyepi

Koster Larang Ogoh-ogoh Diarak Saat Nyepi
Ogoh-ogoh(AFP/SONNY TUMBELAKA)

UNTUK ketiga kalinya, pemerintah melarang pawai ogoh-ogoh yang biasanya digelar malam hari menjelang Nyepi. Terhitung sejak tahun 2020 hingga 2022, tidak ada pawai ogoh-ogoh karena dianggap berpotensi menularkan covid-19. Padahal di beberapa kabupaten di Bali sudah disepakati pawai ogoh-ogoh menjelang Nyepi tetap dilakukan dengan prokes yang ketat. Namun karena kasus positif terutama varian omikron sedang meningkat di Bali maka Gubernur Bali I Wayan Koster melarang pawai ogoh-ogoh menjelang Nyepi tahun 2022 ini.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Ketua Majelis Desa Adat Provinsi. Bahwa pawai ogoh-ogoh menjelang Nyepi tahun ini ditiadakan karena kasus varian omikron sedang meningkat di Bali," ujar Koster di Denpasar, Selasa (8/2).

Baca juga: Pemkot Denpasar Putuskan Tahun ini akan Gelar Pawai Ogoh-ogoh dengan Prokes

Sejatinya, tahun 2022 akan dilakukan pawai ogoh-ogoh menjelang Nyepi. Sebab kasus positif di Bali sesungguhnya sudah landai sejak awal tahun 2022. Namun memasuki pekan ketiga Januari 2022, varian omikron melanda Bali dan peningkatan kasus positif sangat cepat hingga mencapai 4 digit. Kemudian para pakar virus mengatakan jika pada Februari hingga Maret 2022 merupakan puncak gelombang ketiga covid-19 dengan varian omikron.

Itulah sebabnya, pawai ogoh-ogoh menjelang Nyepi tahun 2022 kali ini dilarang. Sebab pawai ini akan mendatangkan banyak pengunjung sehingga menimbulkan kerumunan.

Koster juga menegaskan jika Bali saat ini masuk ke level 3 sesuai dengan penetapan dari pemerintah pusat. Hal ini sangat beralasan karena kasus positif di Bali sangat tinggi dan bertengger di 5 provinsi dengan kasus positif terbanyak. Terbaru, kasus positif di Bali naik menjadi 2.425 kasus. Kasus sembuh hanya 353 orang dan jumlah yang meninggal bertambah menjadi 5 orang.(OL-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat