visitaaponce.com

BI Siapkan Rp4,9 T untuk Penukaran Ramadan 2022 Bagi warga Solo Raya

BI Siapkan Rp4,9 T untuk Penukaran Ramadan 2022 Bagi warga Solo Raya
Kepala BI Solo Nugroho Joko Prastowo bersama Forkompimda dan tamu yang hadir dalam Kick Off layanan penukaran Ramadan 2022 di Pasar Legi, s( MI/Widjajadi)

BANK Indonesia (BI) Solo siapkan penukaran uang tunai Rp4,9 triliun untuk kebutuhan masyarakat di enam kabupatan dan satu kota di wilayah Solo Raya, menjelang Ramadan dan Idul Fitri 2022.

"BI menyiapkan kebutuhan uang tunai sebesar Rp4,9 triliun bagi masyarakat Soloraya baik dari segi kualitas uang, jumlah, dan jenis pecahan yang cukup dan sesuai," terang Kepala Perwakilan BI Solo, Nugroho Joko Prastowo ketika melakukan Kick-off Layanan Penukaran Ramadhan 2022 di Pasar Legi pada Jumat (1/4)

Pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat tersebut, lanjut dia, dilaksanakan melalui layanan kas keliling Bank Indonesia Solo bersama perbankan di ruang publik dengan tempat dan waktu sebagaimana terlampir.

Penyediaan penukaran uang ini dilaksanakan,karena menjelang Ramadhan 2022, Pemerintah memutuskan melonggarkan mobilitas masyarakat seiring dengan situasi pandemi Covid-19 yang terus membaik.

Ia meyakini, keputusan Pemerintah ini  dapat menggerakkan konsumsi masyarakat, terlebih secara historis puncak konsumsi masyarakat terjadi pada Ramadhan dan Idul Fitri.

Peningkatan konsumsi masyarakat pada hari besar keagamaan ini biasanya juga diikuti dengan peningkatan kebutuhan uang tunai.

Kebutuhan uang tunai warga selama Ramadhan dan Idul Fitri 2022 diperkirakan meningkat 14% dibandingkan tahun 2021 yaitu dari Rp4,3 triliun menjadi Rp4,9 triliun.

"Karena itu untuk tahun ini disediakan uang Rp 4,9 triliun.Histori puncak konsumsi masyarakat terjadi pada Ramadan dan Idul Fitri," imbuh Joko .

Selain memperluas layanan penukaran uang, BI Solo juga  mengintensifkan kerjasama dengan Perbankan termasuk Asbisindo dan Perbarindo serta PT. Pegadaian dan PT. Pos Indonesia.

Dia paparkan, penukaran uang pecahan kecil akan dilayani di 191 titik loket layanan yang tersebar di kantor Bank Umum, Bank Syariah, BPR/S, Pegadaian, dan Kantor Pos di wilayah Solo Raya; dengan waktu pelayanan setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat mulai tanggal 4 April 2022 sampai dengan 29 April 2022, sesuai jam layanan yang ditetapkan.

Joko Prastowo menegaskan, layanan penukaran uang tersebut gratis tidak dipungut biaya. Untuk memudahkan masyarakat mengidentifikasi kantor Bank, Pegadaian dan Pos yang melayani penukaran, maka akan dipasang spanduk informasi layanan penukaran di depan kantor masing-masing.

Bank Indonesia Solo tidak melakukan pembatasan jumlah penukaran, sehingga masyarakat dapat menukarkan pecahan sesuai dengan kebutuhannya. Namun, untuk pemerataan pemenuhan kebutuhan uang pecahan kecil di masyarakat, perlu diatur pelaksanaannya.

Kick-off Layanan Penukaran Ramadhan 2022 dilaksanakan di Pasar Legi, Jumat (1/4) dan dihadiri oleh Walikota Surakarta, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Forkopimda Kota Surakarta, dan Perbankan.

Pada kesempatan tersebut Walikota dan Forkopimda juga turut menyerukan ajakan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah. (OL-13)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat