visitaaponce.com

Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai Rp197,6 T untuk Ditukarkan Jelang Lebaran 2024

Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai Rp197,6 T untuk Ditukarkan Jelang Lebaran 2024
Layanan penukaran uang tunai yang disediakan Bank Indonesia di Padang.(Dok. Antara/Iggoy el Fitra)

MENJELANG perayaan Idul Fitri atau Lebaran 2024 ini, Bank Indonesia (BI) telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp197,6 triliun. Uang tersebut disiapkan untuk melayani masyarakat yang ingin melakukan penukaran pecahan uang untuk kebutuhan Lebaran.

Dari jumlah Rp197,6 triliun yang disiapkan tersebut, hingga 27 maret 2024 sudah terealisasi sebesar Rp75 triliun.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim memperkirakan puncak penukaran uang akan terjadi pada libur panjang pekan ini hingga minggu depan. Mengingat waktu tersebut mendekati hari raya Idul Fitri.

Baca juga : BI Tegal Siapkan Rp4,65 Triliun Jelang Lebaran

Dalam paparannya, wilayah terbesar penukaran uang lebaran yakni Pulau Jawa mencapai 60%, sedangkan yang terkecil ada wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

“Sampai dengan hari kemarin jumlah yang sudah keluar itu sebesar Rp75 triliun, dari Rp197,6 triliun. jadi hampir 38%,” ujarnya, Kamis, (28/3).

“Kalau kita tanya masyarakat sebagai rata-rata masyarakat menukar juga untuk dibawa pulang mudik. mereka sudah mencicil menukar dari sekarang,” tambahnya.

Baca juga : Bank Indonesia Kalsel Siapkan Rp3 Triliun untuk Penukaran Uang

Dikatakan Marlison, tahun ini penyediaan uang tunai mencapai sebesar Rp197,7 triliun, atau meningkat 4,6% dibandingkan tahun lalu. Kemudian outflow periode paling tinggi di Jawa, yakni sebesar Rp119,9 triliun.

Selain itu, kebutuhan uang pada periode Ramadan dan Lebaran kali ini antara lain uang pecahan besar (UPB) sebesar Rp172,8 triliun dan uang pecahan kecil (UPK) sebesar Rp24,6 triliun.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat