visitaaponce.com

Bank Indonesia Kalsel Siapkan Rp3 Triliun untuk Penukaran Uang

Bank Indonesia Kalsel Siapkan Rp3 Triliun untuk Penukaran Uang
Kantor perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan menyiapkan Rp3,06 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang tunai.(MI/Ramdani)

KANTOR Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan Rp3,06 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang tunai masyarakat selama ramadan dan menjelang Idul Fitri 1445 hijriah.

Program tahunan penukaran uang yang disebut Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) tahun 2024, ditandai dengan layanan kas keliling di kawasan pasar wadai Ramadhan Pemko Banjarmasin.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel, Wahyu Pratomo, Selasa (19/3) mengatakan, pihaknya berkomitmen memenuhi ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat luas. 

Baca juga : Kick Off Serambi 2024, BI NTT dan Perbankan Siapkan 70 Titik Penukaran Uang

"BI telah menyiapkan berbagai jenis layanan penukaran uang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," tuturnya.

Diperkirakan, kebutuhan uang tunai selama Ramadan dan Idul Fitri 1445 H sebesar Rp3,06 triliun atau meningkat 11% dibanding tahun lalu sebesar Rp2,74 triliun. Adapun beberapa layanan penukaran uang tunai antara lain Layanan Kas Keliling Susur Sungai (LAKASI), yaitu layanan penukaran uang untuk masyarakat tepian sungai.

Kemudian Kas Keliling ke Mesjid dan Pesantren, yaitu layanan penukaran uang khusus kepada mesjid dan pesantren (KALIMAN-TREN). Ada juga Kas Keliling Baimbaian Perbankan, yaitu layanan penukaran uang yang dilakukan secara bersinergi dengan perbankan (KASKEL BAIMAN).

Serta kas keliling khusus seperti di pasar wadai, pelabuhan, dan bandara. 

"Kami bekerja sama dengan perbankan menyediakan 217 titik lokasi penukaran. Terdiri dari 195 titik di perbankan dan 22 titik di Bank Perkreditan Rakyat," tambah Wahyu. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat