visitaaponce.com

Patok Batas Negara RI-PNG dalam Kondisi Aman

Patok Batas Negara RI-PNG dalam Kondisi Aman
Warga negara Papua Nugini membawa barang-barang seusai berbelanja di pasar perbatasan Skouw di PLBN Terpadu Skouw, Jayapura, Papua.(ANTARA/M Agung Rajasa)

KOMANDAN Satgas Yonif 123/Rajawali Goklas Pirtahan Silaban memastikan patok batas negara Republik Indonesia dan Papua Nugini dalam kondisi aman. Pernyataan tersebut ia sampaikan setelah satgas menyusuri kawasan perbatasan di sekitar Kabupaten Merauke, Kamis (31/3) lalu.

"Patok batas Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam keadaan aman, kondisi baik dan terjaga," ujar Goklas melalui keterangan resmi, Sabtu (2/4).

Ia mengungkapkan patroli pengamanan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Satgas Yonif 123/Rajawali.

Baca juga: PM Papua Nugini: Indonesia Selalu ada untuk Kami

Itu menjadi salah satu tugas pokok untuk mencegah dan mengatasi ancaman dari pihak asing maupun kegiatan kriminalitas lintas batas di wilayah perbatasan antarkedua negara.

“Salah satu tugas Satgas Pamtas RI-PNG adalah menjaga keutuhan wilayah perbatasan negara, serta mengatasi ancaman pada masa sekarang maupun yang akan datang terhadap kedaulatan negara yaitu dengan melaksanakan patroli menuju ke patok perbatasan negara sebagai cek poinnya,” ucap Dansatgas.

Adapun, Perwira Seksi Operasi Aldo Indajaya menyebutkan, dalam patroli tersebut, timnya menempuh medan yang tidak mudah dengan kondisi bervariasi mulai dari semak belukar, hutan, rawa hingga mengarungi sungai.

“Sepanjang perjalanan saat melintasi medan tersebut dilakukan dengan kewaspadaan dan penuh kehati-hatian. Keadaan alam Papua yang masih jarang terjamah membuat kita tidak tahu bahaya apa yang mengancam," tuturnya. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat