visitaaponce.com

Tanah Longsor Papua Nugini Upaya Penyelamatan dan Kerusakan yang Luas

Tanah Longsor Papua Nugini: Upaya Penyelamatan dan Kerusakan yang Luas
Tim penyelamat berjuang mengatasi tantangan di tengah kondisi yang sulit.(BBC)

LONGSOR yang melanda Papua Nugini akibat hujan lebat telah menghapus sebuah desa di Provinsi Enga. Kawasan itu mengalami kerusakan hingga 1 kilometer. 

Kurang dari 11 jenazah telah ditemukan sejauh ini dengan upaya terhambat puing-puing setebal 10 meter di beberapa tempat dan kurangnya peralatan yang memadai.

Media lokal melaporkan satu pasangan yang berhasil ditarik hidup-hidup dari puing-puing karena rumah mereka, di pinggiran area yang terkena dampak, berhasil lolos dari benar-benar terkubur.

Baca juga : 3 Jenazah Ditemukan Setelah Tanah Longsor di Papua Nugini

Mereka diselamatkan setelah pekerja penyelamat mendengar mereka teriak dari tempat mereka terperangkap di bawah lapisan batu, demikian dilaporkan saluran NBC lokal.

Personil darurat yang dikerahkan ke wilayah tersebut memprioritaskan evakuasi orang dari area di mana kondisinya masih berbahaya, kata pejabat bantuan kepada BBC.

"Kami memutuskan untuk tetap di luar untuk saat ini untuk memberi waktu kepada otoritas untuk menilai situasi dengan baik untuk melakukan operasi penyelamatan dan pemulihan," kata Justine McMahon, koordinator negara Care Australia, salah satu lembaga bantuan kemanusiaan di lapangan.

Baca juga : Tewaskan 670 Orang, Tak Ada WNI Terdampak Tanah Longsor di Papua Nugini

"Tanah juga cukup tidak stabil saat ini dan berisiko memicu longsoran lebih lanjut," kata McMahon, Senin.

Australia adalah salah satu tetangga terdekat Papua Nugini dan telah lama menawarkan dukungan keamanan dan bantuan kepadanya.

Sebelumnya, seorang pejabat dari badan migrasi PBB di negara itu telah menjelaskan kepada BBC kesulitan penyelamatan.

Baca juga : Longsor di Papua Nugini Menewaskan 670 Orang

Serhan Aktoprak dari Organisasi Internasional untuk Migrasi mengatakan ada sejumlah tantangan yang dihadapi tim yang mencoba mengambil kembali jenazah, termasuk ketidaksetujuan oleh beberapa kerabat yang berduka untuk membiarkan mesin berat mendekati orang yang mereka cintai.

Sebaliknya, katanya, "orang menggunakan kayu penggali, sekop, garpu pertanian besar untuk mengeluarkan jenazah yang terkubur di bawah tanah".

Lebih dari 150 rumah telah tertimbun, dan sekitar 1.250 orang telah terlantar.

Laporan awal telah menempatkan jumlah korban tewas di angka ratusan, tetapi ini melonjak pada hari Minggu setelah revisi PBB, memperhitungkan pembaruan jumlah penduduk.

Warga setempat mencatat bagaimana desa dalam beberapa tahun terakhir telah menarik orang dari daerah lain yang telah tergusur oleh kekerasan suku di wilayah itu.
Tanah longsor Gunung Mungalo terjadi di pegunungan Enga, di bagian utara negara kepulauan tersebut. (BBC/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat