visitaaponce.com

Pekan Tilawatil Quran RRI 2022 Jadi Wujud Keindonesiaan

Pekan Tilawatil Qur’an RRI 2022 Jadi Wujud Keindonesiaan           
Jajaran direksi RRI memberi paparan Pekan Tilawatil Qur'an ke-52.(Dok RRI)

TERPILIHNYA Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh menjadi tuan rumah Pekan Tilawatil Quran (PTQ) ke-52 Radio Republik Indonesia (RRI) Tingkat Nasional 2022 merupakan wujud keindonesiaan.

"Itu karena nanti wakil-wakil dari 65 satuan kerja dari seluruh Indonesia akan hadir di sana. Terlebih mereka akan disuguhi keindahan Aceh dalam perjalanan ke lokasi," ujar Ketua Pelaksana PTQ Yonas Markus Tuhuleruw dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (8/4).

Menurut Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU) RRI ini hal itu lantaran menuju Takengon bakal ditempuh dengan perjalanan darat yang cukup makan waktu. "Jadi mereka nanti bisa mengenal daerah lain di Indonesia ini," tambah Yonas lagi.

PTQ yang bakal dihelat 13 April 2022 bakal mengusung tema 'Rahmat Semesta, Pulih Bersama, Bangkit Perkasa'. Yonas menjelaskan tema itu karena pihaknya ingin menyatukan rasa dan pikiran untuk bersama-sama mengimplementasikan nilai-nilai ajaran Al Qur’an dengan menyebarkan kebaikan pada sesama, dan berjuang bersama agar terbebas dari belenggu covid-19.

"Dengan begitu Indonesia dapat menjadi bangsa yang tangguh dan kuat dalam menghadapi berbagai masalah. Terbebas dari tekanan ekonomi global dan bangkit menuju ekonomi Indonesia yang mapan," terang Yonas. 

PTQ yang diselenggarakan sejak 1968 itu bakal diikuti 3 ribu orang, yang berarti ada kenaikan 500 orang dari tahun sebelumnya. Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dijadwalkan akan membuka secara resmi.

Kesediaan Wapres untuk hadir diungkapkan Dirut LPP RRI Hendrasmo. Ia menuturkan Wapres mengapresiasi dan menyambut baik digelarnya PTQ RRI ini. "Wapres berharap acara ini dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga dapat memberikan kesemarakan pada Ramadan sebagai bulannya Al-Qur’an atau bulan turunnya Al-Qur’an," terangnya. 

Guna lebih memeriahkan dan menyemarakkan suasana bulan suci tahun ini, selain pelaksanaan PTQ juga digelar berberapa kegiatan lain, di antaranya pameran, tebar benih ribuan ikan, dan seminar yang melibatkan masyarakat setempat serta stakeholder terkait. 

"Kegiatan pameran diselenggarakan untuk memperlihatkan hasil karya dan kearifan lokal masyarakat setempat. Tujuan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan gairah usaha mikro, kecil, dan Menengah (UMKM). Pameran akan digelar selama berlangsungnya PTQ di Takengon," tambah Hendrasmo. 

PTQ RRI merupakan kegiatan perlombaan tilawatil Qur’an nasional paling tua. Bahkan lebih tua dari musabaqoh tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional. Pada pelaksanaan PTQ 2022 selain melombakan kategori tilawah, tausyiah, dan tahfiz, juga ada kategori tartil Qur’an khusus bagi penyandang disabilitas netra.

Pelaksanaan PTQ tahun ini akan memperebutkan hadiah uang total Rp225 juta serta piala bergilir dan piala tetap Menteri Agama RI. (RO/O-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eko Suprihatno

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat