visitaaponce.com

Empat Orangutan Dilepasliarkan Ke TN Bukit Baka Bukit Raya

Empat Orangutan Dilepasliarkan Ke TN Bukit Baka Bukit Raya
Pelepasliaran empat Orangutan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah oleh Yayasan BOS(MI/Surya Sriyanti)

PUSAT Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng, Palangka Raya, Kalteng yang bernaung di yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) kembali melepasliarkan empat individu orangutan. Terdiri atas dua jantan dan dua betina ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) yang berada di
Kabupaten Katingan, Kalteng, Rabu (18/5).

Ketua Pengurus Yayasan BOS Jamartin Sihite mengatakan walaupun saat ini masih  berada di tahun ketiga pandemi Covid-19, namun pihaknya tetap  berkomitmen penuh untuk melepasliarkan orangutan dari pusat-pusat rehabilitasi ke hutan dengan aman.

"Pandemi mungkin menjadi kendala baru bagi kami, namun bukan berarti tidak bisa diatasi dan tidak menghentikan upaya kami untuk bekerja menyelamatkan orangutan dan habitatnya," tandasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5).

Dia juga menyebutkan, pelepasliaran ini  sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Keanekaragaman Hayati.

Sadtata Noor Adirahmanta, Plt Kepala Balai TNBBBR menambahkan pemanfaatan DAS Hiran untuk pelepasliaran orangutan sejak 2019 merupakan upaya menjaga persebaran orangutan rehabilitasi yang dilepasliarkan ke taman nasional ini.

"Upaya bersama ini telah membantu orangutan membentuk populasi orangutan liar yang mandiri dan lestari. Tercatat 4 kelahiran alami di TNBBBR sejak 2016 pelepasliaran orangutan pertama kali dilakukan di sini," katanya. (OL-13)

Baca Juga: Emak emak di Kalteng Dukung Sandiaga Uno Presiden 2024

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat