visitaaponce.com

Sumut Baru Punya 6,8 Persen Sekolah Ramah Anak

Sumut Baru Punya 6,8 Persen Sekolah Ramah Anak
Ilustrasi sekolah ramah anak(ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

PEMENUHAN hak dan perlindungan khusus terhadap anak masih menjadi pekerjaan rumah bagi Sumatra Utara. Hal ini dilihat dari masih minimnya jumlah sekolah ramah anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumut Nurlela mengatakan provinsinya masih membutuhkan lebih banyak lagi unit pendidikan berstatus sekolah ramah anak (SRA).

"Baru 1.956 sekolah di Sumut yang diinisiasi sebagai sekolah ramah anak," ungkapnya, Kamis (2/6).

Jumlah itu hanya sebanyak 6,84% dari total jumlah sekolah di Sumut yang mencapai 28.590 unit pendidikan. Baik sekolah swasta maupun negeri dan mulai dari tingkat PAUD hingga SLTA.

Padahal, menurut dia, SRA sangat penting bagi pemenuhan hak dan perlindungan khusus terhadap anak. SRA merupakan satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang mampu memenuhi hak dan perlindungan khusus.

"Termasuk mekanisme pengaduan untuk penanganan kasus di satuan pendidikan," imbuhnya.

Baca juga: PGRI Minta Guru Ciptakan Sekolah Ramah Anak

Dia memaparkan, diperlukan upaya menciptakan suasana kondusif dan paritisipatif agar peserta didik merasa nyaman. Faktor penting yang perlu diperhatikan pihak sekolah adalah partisipasi aktif anak terhadap berbagai kegiatan yang diprogramkan, sesuai kebutuhan.

Jika suasana tersebut dapat tercipta, maka kondusifitas lingkungan akan mendukung tumbuh kembang potensi anak karena keleluasaan berekspresi. Karena itu dibutuhkan dukungan keluarga dan masyarakat yang sebenarnya menjadi pendidikan terdekat.

"Lingkungan yang mendukung, akan memberi rasa aman dan nyaman bagi anak," tambah dia.

Dia juga mengatakan, sekolah memiliki peran penting dalam pemenuhan hak anak atas pendidikan. Karena itu penyelenggaraan SRA, yang merupakan indikator kabupaten dan kota layak anak, perlu dilakukan lebih proaktif.

Terlebih, perlindungan terhadap potensi kekerasan harus dapat diberikan oleh pengelola sekolah, termasuk lingkungannya. Untuk itu perlu dibangun persepsi sekolah ramah anak dengan menciptakan suasana belajar dan pembelajaran tepat guna.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat