visitaaponce.com

Tidak hanya Indah, Pantai Sodong juga Sajikan Wisata Edukasi Penyu

Tidak hanya Indah, Pantai Sodong juga Sajikan Wisata Edukasi Penyu
Tukik penyu lekang (lepidochelys olivacea) dari konservasi penyu Nagaraja dilepasliarkan di Pantai Sodong, Cilacap.(ANTARA/Idhad Zakaria)

KEKAYAAN wisata alam di Cilacap, Jawa Tengah, membentang dari barat yakni perbatasan dengan Jawa Barat, dan timur berbatasan dengan
Kebumen. Salah satu kekayaan pantai ialah Pantai Sodong di Desa Karangbenda, Adipala, Cilacap. Di lokasi ini, tidak hanya keindahan pantai melainkan ada wisata edukasi yakni pelestarian penyu.

Ketua Kelompok Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap, Jumawan, mengatakan bahwa Pantai Sodong tidak hanya menyajikan panorama alam semata.

"Tetapi juga ada wisata edukasi yang kami kelola. Yakni penangkaran penyu yang dapat menjadi alternatif wisata pendidikan. Kami memberikan pelayanan kepada pengunjung untuk mengenali penyu," jelas Jumawan ketika ditemui pada Jumat (23/9).

Menurut Jumawan, wisatawan yang datang nantinya tidak hanya dapat melihat koleksi penyu, tetapi juga diberi edukasi mengenai satwa dilindungi tersebut.


Baca juga: Surabaya Siapkan Destinasi Wisata Perjuangan


"Bagi yang datang ke sini, pengunjung memberikan sumbangan sukarela. Kami tidak menarik tiket secara resmi. Sumbangan tersebut kami pakai untuk biaya pemeliharaan penyu di sini hingga nanti penyu dirilis ke laut," katanya.

Yang menarik lagi, pengunjung yang datang bisa mengadopsi penyu untuk kemudian nantinya dilepasliarkan sendiri ke laut.

"Kami hanya mematok Rp50 ribu untuk adopsi penyu selama satu bulan. Nantinya, yang melakukan adopsi bisa melepasliarkan sendiri ke laut," tambahnya.

Saat ini, lanjut Jumawan, masih ada ratusan koleksi penyu. Tempat penangkaran itu juga menyelamatkan telur-telur penyu hingga menetas jadi tukik. (OL-16)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat