visitaaponce.com

5.318 Jiwa di Kota Langsa Terdampak Banjir

5.318 Jiwa di Kota Langsa Terdampak Banjir
Banjir melanda Kota Langsa, Aceh.(DOK BPBA.)

HUJAN yang mengguyur Kota Langsa, Provinsi Aceh, mengakibatkan banjir genangan di beberapa kecamatan di wilayah tersebut. Korban terdampak mencapai ribuan jiwa.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, mengatakan banjir genangan tersebut terjadi sejak Kamis (20/10) pukul 18.30 WIB. "Total korban terdampak sementara ada 1.750 keluarga dengan 5.318 jiwa dan 1 jiwa mengungsi ke rumah kerabatnya karena sakit lumpuh," kata Ilyas, Sabtu (22/10).

Ilyas menerangakan, banjir tersebut terjadi akibat hujan deras disertai petir itu mengakibatkan banjir genangan melanda beberapa gampong (desa) dalam wilayah kota Langsa. Ketinggian air bervariasi antara 80 sentimeter sampai dengan 1,2 meter.

Daerah-daerah yang terendam banjir yaitu Kecamatan Langsa Baro, Gampong Paya Bujok Seulemak, Karang Ayer, Lengkong; Kecamatan Langsa Kota, Gampong Teungoh, Alue Beurawe, Blang, Jawa, Blang Paseh, Tualang Teungoh, Pekan Langsa, dan Gampong Blang Seunibong. "Kemudian, Kecamatan Langsa Barat, Matang Seulimeng, dan Gampong Alue Dua Bakaran Batee," ujarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Langsa masih melakukan pemantauan dan evakuasi terhadap korban yang terjebak banjir di beberapa lokasi yang terdampak banjir. "Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Untuk kondisi terakhir dari pantauan petugas hujan sudah mulai reda dan air genangan banjir juga sudah mulai surut," jelasnya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat