visitaaponce.com

Penghentian TV Analog di Sulsel Masih Bertahap

Penghentian TV Analog di Sulsel Masih Bertahap
Ilustrasi(dok. Ant)

BESOK atau tanggal 2 November 2022 mulai dilakukan multiple ASO (Analog Switch Off), kepada daerah yang telah siap infrastruktur dan set top box (STB) -nya. Multiple ASO ini merupakan penghentian kanal TV analog dan hanya memberlakukan kanal TV digital.

Untuk Sulawesi Selatan sendiri, menurut Kepala Dinas Kominfo Sulsel Amson Padolo mengatakan, pihaknya sebenarnya berkomitmen mempersiapkan pengalihan ASO ini. "Hanya saja, kan itu merupakan kewenangan dari pusat dalam hal ini Kominfo RI," katanya.

Terkait pembagian STB, Pemprov Sulsel hanya dalam kapasitas mengkoordinasikan dengan Kabupaten/kota untuk data penduduk yang mendapatkan STB, dan hingga saat ini di Sulsel masih di bawah 60%, sehingga ASO nya bertahap.

 

Dan itu dibenarkan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel, Hasrul Hasan. Dia mengatakan, infrastruktur di Sulsel sebenarnya, kesiapan multipleksing (MUX) dalam menampung semua siaran yang ada.

 

Di Sulsel ada tiga penyedia layanan digital yang siap MUX, yaitu Metro TV, TVRI dan MNC dengan menyiarkan 23 chanel digital. "Kesiapan MUX penting, salah satunya bertujuan menjamin terpenuhinya hak mendapatkan informasi pada masyarakat," seru Hasrul.

 

Hanya saja, di Sulsel antara analog dan digital sementara berjalan bersama, lantaran STB yang terbagi masih di bawah 60%. "Nanti setelah di atas 60%, analog baru dimatikan total. Tapi untuk saat ini masih jalan bersama," lanjut Hasrul.

 

"Seharusnya analog dimatikan pukul 23.59 Wita nanti malam, tapi ini masih berlaku untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), karena pembagian STB nya sudah 70%. Kalau Sulsel, tentu menunggu hasil evaluasi daerah yang sudah berjalan juga sambil memenuhi kuota STB," sambungnya, Selasa (1/11).

Di Indonesia saat ini, dari 693 lembaga penyiaran, 552 diantaranya sudah melakukan siaran secara simultan, 88,8% sudah siap untuk ASO. Kesiapan masyarakat untuk migrasi dari analog ke digital 99,29%, masyarakat sudah mengetahui sosialisasi peralihan TV analog ke TV digital. (OL-13)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat