visitaaponce.com

TNI Bangun Jalan, Buka Keterisolasian Desa Hasinggaan, Samosir

TNI Bangun Jalan, Buka Keterisolasian Desa Hasinggaan, Samosir
Anggota TNI membangun jalan untuk membuka keterisolasian Desa Desa Hasinggaan, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara(MI/JANUARI HUTABARAT)

KEGIATAN TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) dilaksanakan dengan membuka jalur darat menuju Desa Hasinggaan, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Mereka membangun jalan sepanjang 1,2 kilometer, 5 gorong-gorong dan tembok penahan tanah sepanjang 600 meter.

Dibukanya jalur darat tersebut membuat masyarakat Desa Hasinggaan tidak terisolasi lagi. Sebelumnya, mereka hanya bisa berhubungan dengan daerah lain melalui Danau Toba.

Letnan Dua Inf Rizal Parulian Napitupulu mewakili Komandan Kodim setempat, Sabtu (5/11) mengatakan, Desa Hasinggaan sala satu desa terisolasi di Kabupaten Samosir. Warga yang bermukim sebanyak 296 Kepala Keluarga (KK) atau 1.173 jiwa. Mereka hidup sebagai petani dengan mengandalkan lahan persawahan yang ditanmi palawija, baik jagung maupun bawang merah.

Selama ini, untuk menuju ke desa itu, dari desa terdekat membutuhkan waktu perjalanan 45 menit melalui Danau toba.

"Kegiatan di Desa Hasinggaan dilakukan tiga matra, yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara. Kita juga mendapat bantuan dari rekan Kepolisian," tambah Rizal.

Selain pembangunan fisik, pihaknya juga melakukan sejumlah kegiatan lain. Di antaranya penyuluhan wawasan Nusantara, Bela Negara, hukum, narkoba, kesehatan, ekonomi, KB, stunting dan ketahanan pangan.

Anmad Sagala, Kepala Desa Hasinggaan, mengatakan, desanya sudah ada sejak sebelum Kemerdekaan RI. Namun, perhatian terhadap daerahnya masih sangat kurang.

"Terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah bekerja keras dalam pembukaan jalan tersebut. Kami sudah sejak 20 tahun lalu mengusulkan pembangunan jalan, tapi tak kunjung direalisasikan. Kini, lewat program TNI Manunggal Masuk Desa, akhirnya kami bisa terhubung dengan dunia luar menggunakan jalur darat," tandasnya.

Atas hasil pembangunan yang dilakukan TNI, Bupati Vandiko T Gultom mengaku akan menindaklanjuti dengan membangun desa itu. "Jalan yang dibuka TNI akan kita kembangkan sehingga bisa dilalui kendaraan roda empat." (N-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat