visitaaponce.com

Pelajar di Sikka Amati Gerhana Bulan Total di IKIP Muhammadiyah

Pelajar di Sikka Amati Gerhana Bulan Total di IKIP Muhammadiyah
Pakai teleskop untuk mengamati gerhana bulan total di Sikka(MI/Gabriel Langga)

GERHANA bulan total merupakan peristiwa langka. Hal ini pun tak mau dilewatkan oleh para pelajar di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Mereka mengamati fenomena alam tersebut dengan menggunakan teleskop di Gedung IKIP Muhammadiyah Maumere, Selasa (8/11).

Para pelajar terdiri dari siswa SMA dan SMP. Pengamatan tersebut difasilitasi oleh Pusat Studi Astronomi IKIP Muhammadiyah Maumere dan Komunitas Langit Sikka.

Ketua Pusat Studi Astronomi IKIP Muhammadiyah Maumere Adi Jupriansah menuturkan pengamatan gerhana bulan total dilakukan dengan menggunakan satu teleskop yang dimulai sejak sore hingga malam. Dalam pengamatan gerhana bulan total ini, ia mengaku cuaca di Kabupaten Sikka dalam keadaan buruk disertai dengan rintik hujan sehingga menghalangi aktivitas pengamatan.

"Sebenarnya tadi bisa kita melihat gerhana bulan, tetapi cuacanya pas sedang berawan sehingga bulan kadang muncul, kadang hilang tidak bisa melihat utuh. Cuaca lah yang membuat kita tidak bisa melihat secara utuh," kata Adi.

Baca juga: Tertutup Awan Tebal, Gerhana Bulan tidak Terlihat di Medan

Dia pun menuturkan cuaca buruk melanda Kabupaten Sikka sejak pukul 14.00 Wita, sehingga membuat aktivitas pengamatan kurang memuaskan. Selain melibatkan pelajar, pengamatan juga dilakukan bersama mahasiswa IKIP Muhammadiyah Maumere dari jurusan IPA dan pendidikan Kimia.

"Usai pengamatan bersama gerhana bulan total, kita laksanakan salat gerhana dan diskusi dengan LPPAIK IKIP Muhammadiyah Maumere," ungkapnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat