visitaaponce.com

Temuan Terbaru Teleskop James Webb Perkuat Harapan Adanya Kehidupan di Europa

Temuan Terbaru Teleskop James Webb Perkuat Harapan Adanya Kehidupan di Europa
Gambar yang dirilis NASA pada 21-09-023 menunjukkan Jupiter (kanan) dan Europa (kiri) seperti terlihat via instrumen NIRCam James Webb.(AFP/ESA/NASA/CSA/STScI/B. HOLLER J.STANSBERRY )

Baru-baru ini, Teleskop Luar Angkasa James Webb telah mengungkap detail menarik tentang salah satu bulan Jupiter, Europa.
Kamera inframerah megateleskop itu telah menangkap gambar yang memperlihatkan medan yang berlimpah karbon dioksida, yang mengisyaratkan kemungkinan tanda-tanda kehidupan.

Zona beku di Europa, yang ditandai dengan suhu sangat dingin, telah menjadi titik fokus dari penemuan inovatif ini. Pengamatan yang dilakukan oleh Teleskop James Webb menunjukkan adanya karbon, bahan penyusun kehidupan, di bawah permukaan es Europa.
Menurut laporan TOI, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science pada 21 September 2023 ini merupakan upaya kolaboratif dua tim astronom independen yang menyelidiki tanda-tanda observatorium luar angkasa di permukaan bulan.

Penulis utama Geronimo Villanueva, dengan menyoroti peran penting keanekaragaman kimia dalam mendukung kehidupan, menekankan bahwa lautan Europa memegang kunci untuk menguraikan potensi sifat gas karbon yang memungkinkan atau menghambat kehidupan.

Meskipun Europa ditengarai sebagai objek angkasa yang memungkinkan adanya kehidupan, NASA menggarisbawahi bahwa keberadaan karbon saja tidak cukup untuk mendukung kehidupan. Hal tersebut memerlukan sumber energi, nutrisi organik, dan pasokan molekul organik yang berkelanjutan.

Fokus kemudian beralih ke kawasan Taro Regio di Europa, kawasan terjal yang kaya akan es, tempat ditemukannya konsentrasi karbon dioksida dalam jumlah besar pada lautan di bawah cangkang es Europa. Para ilmuwan berhipotesis bahwa zat-zat dari kedalaman laut bulan mungkin telah muncul di wilayah ini, berpotensi membawa petunjuk penting tentang biosfer Europa yang tersembunyi.

Mereka juga menelaah data dari Teleskop James Webb untuk mencari tanda-tanda uap air yang meletus dari permukaan Europa, sebuah fenomena yang tampak dalam pengamatan Teleskop Luar Angkasa Hubble di waktu lalu. Analisis saat itu tidak mengungkapkan bukti pasti mengenai aktivitas asap, sehingga menunjukkan perlunya penyelidikan lebih mendalam.

Temuan ini akan menjadi informasi bagi misi luar angkasa mendatang, termasuk Europa Clipper milik NASA dan Jupiter Icy Moons Explorer milik ESA, saat mereka menyelidiki misteri Europa. Rencana NASA untuk mengirimkan pesawat ruang angkasa Europa Clipper untuk penyelidikan lebih lanjut menggarisbawahi pentingnya Europa dalam pencarian kehidupan di luar Bumi. (Odishatv.in/M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat