visitaaponce.com

Gempa Magnitudo 2,5 Guncang Alor

Gempa Magnitudo 2,5 Guncang Alor
Ilustrasi(DOK.MI)

GEMPA tektonik dengan magnitudo 2,5 terjadi di Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur, Jumat (25/11) pukul 16.54 Wita.

Berdasar hasil analisis BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,12° LS ; 124,58° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 kilometer arah Timur Laut Alor, NTT, pada kedalaman 1 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Kupang, Margiono, mengatakan, dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi
merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Flores Back-Arc Thrust.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Tanjung Bunga I-II MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah dan dirasakan sedikit orang). Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.


Baca juga: BNPB: Korban Meninggal Gempa Cianjur Jadi 310 di Hari Kelima


Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 17.20 Wita, hasil monitoring Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, warga juga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan
kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. (OL-16)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat