visitaaponce.com

BMKG Ingatkan Aceh agar Siaga Bencana

BMKG Ingatkan Aceh agar Siaga Bencana 
Prakirawan BMKG Aceh, Feqri L Agrho mengatakan Aceh memasuki puncak musim penghujan.(MGN/Sheilla Aditya )

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh memperkirakan hujan lebat dan gelombang tinggi masih melanda wilayah Aceh hingga tiga hari ke depan.

Prakirawan BMKG Aceh, Feqri L Agrho mengatakan saat ini Aceh memasuki puncak musim penghujan. Di sisi lain juga terjadi fenomena gelombang rosby di wilayah perairan Samudera Hindia yang membuat anomali permukaan laut meninggi menjadi 4 derajat dan meningkatkan kumpulan awan konvektif penyebab hujan.

Baca juga: Tambang Batu Bara di Sawah Lunto Meledak, 9 Orang Tewas

"Untuk beberapa hari ke depan diperkirakan khususnya untuk wilayah perairan Samudera Hindia ini suhu muka laut cukup tinggi. Jadi untuk potensi 3 hari ke depan Ini potensinya hujan ringan hingga hujan lebat dapat terjadi," Ujar Feqri, Rabu (14/12/2022).

Feqri menyebut sejumlah wilayah barat selatan Aceh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Jaya, Aceh Besar dan Banda Aceh berpotensi hujan lebat dan berisiko terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir.

Ia pun meminta warga di wilayah tersebut agar waspada terhadap dampak yang terjadi akibat hujan lebat, khususnya yang tinggal di wilayah bantaran sungai. 

"Masyarakat agar bersiaga jika terjadi banjir akibat luapan sungai," sebutnya.

Baca juga: Makna Filosofi 7 Sumber Mata Air pada Siraman Kaesang-Erina

Sementara untuk gelombang laut, Feqri mengatakan wilayah barat khususnya perairan Barat Aceh ada gelombang tinggi untuk wilayah Samudera Hindia Barat Aceh dan juga ke wilayah perairan Utara Sabang. 

"Tinggi gelombang dapat mencapai lebih dari 4 meter dan diperkirakan untuk 3 hari ke depan," jelasnya. (Mhd/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat