visitaaponce.com

Penanganan Stunting, Wali Kota Padang Resmikan Tiga Rumah Gizi

Penanganan Stunting, Wali Kota Padang Resmikan Tiga Rumah Gizi
Ilustrasi(DOK MI)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Padang, Sumbar meminta semua pihak untuk ikut bersama-sama menangani masalah stunting. Peran keluarga dinilai penting karena stunting memerlukan penanganan sejak dini.

"Kita bersama-sama harus melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya stunting bagi anak balita di Kota Padang. Salah satunya yaitu melalui pemanfaatan keberadaan rumah gizi," kata Wali Kota Padang Hendri Septa saat meresmikan tiga Rumah Gizi di Kecamatan Padang Utara yang dipusatkan di Ex Gedung Puskesmas Ulak Karang, Padang Utara.

Ketiga Rumah Gizi yang diresmikan adalah Rumah Gizi Permata Bunda binaan Puskesmas Ulak Karang, Rumah Gizi Magenta binaan Puskesmas Air Tawar, dan Rumah Gizi Mustika Ibu binaan Puskesmas Alai.

Wali Kota Padang mengungkapkan, permasalahan stunting saat ini memang menjadi perhatian khusus dari Pemko Padang. Salah satu upaya yang dilakukan adalah meminta setiap kelurahan di Kota Padang memiliki rumah gizi sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya stunting terhadap anak.

"Terjadinya kasus stunting pada anak banyak diakibatkan oleh faktor ekonomi dan kurangnya pengetahuan orang tua terhadap pola asuh dan pemberian makanan sehat terhadap anak. Untuk itu kita berharap, dengan adanya rumah gizi di setiap kelurahan, maka pengawasan terhadap pertumbuhan gizi anak dapat lebih diperhatikan," harapnya.

"Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kehadiran tiga rumah gizi di Kecamatan Padang Utara kali ini. Semoga menjalankan perannya dengan maksimal, dan hal yang sama dapat ditiru kelurahan-kelurahan lainnya," sambungnya lagi.

Seperti diketahui, melalui keberadaan Rumah Gizi selain mengadakan kegiatan Posyandu, juga memberikan makanan tambahan terhadap anak yang diduga terindikasi stunting secara berkala. Selanjutnya para ibu juga diberikan pengetahuan tentang makanan sehat, mulai dari memilih bahan, memasak hingga penyajiannya agar higienis. (OL-15)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat