visitaaponce.com

Sragen Operasikan Pasar Terpadu Sukowati

Sragen Operasikan Pasar Terpadu Sukowati
Pasar Terpadu Sukowati, Sragen, Jawa Tengah, mulai dioperasikan setelah proses renovasinya tuntas(MI/WIDJAJADI)

PASAR Terpadu Nglangon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, diresmikan Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Senin (2/1).

Pembangunan kembali pasar itu menelan anggaran hingga Rp33 miliar. Beragam cerita mengiringi progres renovasinya.

Satu di antaranya soal target penyelesaian yang seharusnya tuntas pada Desember 2022. Pasar ini merupakan gabungan dari tiga pasar, yakni Nglangon, Joko Tingkit dan Pasar Renteng.

Penyelesaian yang tersendat, membuat PT Darlin Ayudia, pelaksana proyek harus menambah 400 pekerja untuk menggelar percepatan penyelesaian.

"Alhamdulillah, pasar terpadu dengan nama Pasar Sukowati hari ini diresmikan. Gedung pasar ini merupakan gabungan 3 pasar. Untuk pasar Nglangon, nantinya akan kita jadikan sentra batik," ujar Bupati Yuni.


Pasar Nglangon di sejumlah bagian, sebelum direnovasi juga dikenal sebagai tempat transaksi prostitusi. Karena itu, renovasi total itu, juga bagian merubah citra, sekaligus menghilangkan stigma negatif yang sebelumnya menempel.
 
Usai diresmikan, nanti akan ada pembagian zonasi sepeda, zonasi bambu, zonasi kayu, burung, dan seterusnya, sebelum akhirnya dilakukan boyongan pedagang. "Bisa saja nanti sebelum boyongan ada pertunjukkan wayang kulit," imbuh Yuni.
 
Kini, Pasar Sukowati terlihat luas, menyenangkan serta ramah anak. Bagian pelatarannya bisa untuk berolahraga di  waktu pagi, dan bagian depan untuk main mobil-mobilan.  
 
Terkait Pasar Nglangon sebagai sentra batik, Sekda Sragen Hargiyanto mengatakan, telah disiapkan dana anggaran bersumber dari APBN sebesar Rp20 miliar, pada 2023 ini.
 
Nantinya sebagai pusat perniagaan batik, Nglangon akan disulap menjadi tiga lantai. Pembangunan dimulai setelah pedagang pindah di Pasar Terpadu. (N-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat