visitaaponce.com

Harga Migor Curah di Aceh Naik kini Sentuh Rp16 ribukg

Harga Migor Curah di Aceh Naik kini Sentuh Rp16 ribu/kg
Harga minyak goreng (migor) curah di Aceh sudah di atas harga eceran tertinggi (HET), kini menyentuh Rp16 ribu/kg.(dok.Ant)

HARGA minyak goreng curah sejak tiga pekan terakhir di kawasan Provinsi Aceh naik. Hal yang tidak menguntungkan itu telah meresahkan warga dan pedagang kecil.

Tidak diketahui secara jelas mengapa harga bahan pokok itu meningkat. Apakah karena peningkatan biaya produksi, tinggi harga bahan baku atau karena ada permainan pelaku pasar.

Amatan Media Indonesia, di Kabupaten Pidie, Senin (2/1/2023) misalnya, harga minyak goreng curah eceran (jumlah kecil) berkisar Rp15.000-16.000/kg (kilogram). Harga tersebut lebih mahal dari sebelumnya berkisar Rp 13.500-14.000/kg.

Lalu harga dalam partai besar berkisar Rp 14.500-Rp15.000/kg. Padahal sebelumnya harga jumlah grosir itu berkisar 13.000-14.000/kg.

Mauluddin, penjual jajanan gorengan di Kota Sigli, Kabupaten Pidie, mengatakan, naiknya harga minyak goreng itu sangat mempengaruhi terhadap usaha pedagang kecil. Pasalnya mereka harus mengeluarkan modal lebih banyak, sedangkan harga barang jualan tetap seperti biasa.

Belum lagi harga berbagai bahan pokok lain yang juga merangkak. Itu sebabnya sangat mempengaruhi perekonomian mereka.

"Harga minyak goreng naik, lalu ada bagan lain seperti bawang dan tepung yang tidak stabil. Sedangkan harga bahan gorengan masi Rp 1.000/per potong," tutur Mauluddin.

Kondisi serupa juga terjadi di Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Pidie Jaya, Bireuen, Lhokseumawe, dan Kabupaten Aceh Utara. (OL-13)

Baca Juga: Mantan Dirjen Kemendag Jelaskan Penyebab Kelangkaan Minyak ...

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat