visitaaponce.com

UNS Lepas 1.403 Mahasiswa KKN ke 123 Desa di Jawa

UNS Lepas 1.403 Mahasiswa KKN ke 123 Desa di Jawa
Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof.Dr Ahmad Yunus melepas 1403 mahasiswa UNS ikuti KKN Tematik membangun desa.(dok.UNS)

UNIVERSITAS Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas 1.403 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Membangun Desa periode Januari 2023, di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS Kentingan, Selasa (17/1/2023).
 
Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Prof Dr Ahmad Yunus menyebutkan, ribuan mahasiswa itu berasal dari 56 Program Studi (Prodi), dan terbagi dalam 142 kelompok, akan tersebar di 123 Desa di Jawa.   

Kegiatan KKN ini, jelas Prof Yunus, sebagai bentuk implementasi dan sekaligus memadukan antara ilmu pengetahuan yang diperoleh selama berkuliah di perguruan tinggi dengan kondisi riil yang dihadapi oleh masyarakat.   

"Mahasiswa diharapkan mampu menghadirkan solusi perubahan dan perbaikan yang terus menerus terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di daerah," ujar dia.
 
Mahasiswa dalam melaksanakan aktivitas KKN Membangun Desa ini, diharapkan bisa memberikan berbagai manfaat, baik saat turun ke desa atau turun ke industri masyarakat.

Lebih dari itu, mahasiswa sebaiknya mampu mengangkat permasalahan yang ada di lapangan dan mampu meninggalkan dampak yang positif. "Mudah-mudahan dalam pelaksanaan KKN ini bisa terlaksana dengan lancar," harap Yunus.
 
Menurut dia, Program KKN Membangun Desa ini untuk melakukan pendekatan empat rekayasa, yakni rekayasa sosial, rekayasa teknologi, rekayasa finansial, dan rekayasa pasar.   

Saat pelepasan KKN Tematik UNS Membangun Desa, dilaksanakan secara simbolis oleh Prof. Yunus kepada perwakilan Kepala Desa Srimulyo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Tri Prasetyo Utomo, S.Si.  

Tri Prasetyo Utomo, selaku Kepala Desa Srimulyo yang juga alumnus Prodi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS berharap, kepada Unit Pengelola KKN UNS, agar praktik KKN memberikan kemajuan pada desa desa yang disasar. (OL-13)

Baca Juga: UGM Terjunkan 1.333 Mahasiswanya KKN ke 152 Desa di 10 Provinsi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat