visitaaponce.com

Dirjen Diktiristek Apresiasi Tahapan Pemilihan Rektor UNS

Dirjen Diktiristek Apresiasi Tahapan Pemilihan Rektor UNS
Rapat koordinasi pimpinan Universitas Sebelas Maret (UNS) bersama Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (9/10).(Dokpri.)

PENAHAPAN penataan kelembagaan UNS baik yang telah dan akan dilakukan dibahas pihak pimpinan Universitas Sebelas Maret (UNS) bersama Kemendikbudristek, Senin (9/10). Tim dari UNS menyampaikan bahwa penataan dimulai dengan pergantian antarwaktu untuk Senat Akademik 2020-2023 pada Juli lalu.

Pada September, telah terpilih keanggotaan Senat Akademik Fakultas dan Sekolah periode 2023-2028 yang akan mulai bertugas pada Oktober. Sedangkan, untuk Senat Akademik Universitas periode 2023-2028, keanggotaannya telah terpilih dan sedang diajukan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk ditetapkan dan mulai bertugas pada 20 Oktober 2023. Tahapan selanjutnya ialah pemilihan ketua dan sekretaris Senat Akademik 2023-2028 serta ketua dan sekretaris komisi senat akademik.

Setelah Senat Akademik dan perangkatnya terbentuk, tahapan berikutnya ialah pemilihan anggota Majelis Wali Amanat (MWA) non ex-officio yaitu tujuh wakil dari senat akademik, empat wakil masyarakat, satu wakil tenaga kependidikan, satu wakil dari mahasiswa, dan satu wakil dari alumni. Pemilihan anggota MWA tersebut dijadwalkan dilakukan pada November-Desember 2023 dan direncanakan anggota MWA akan ditetapkan pada minggu keempat Desember 2023.

Setelah terbentuk, MWA akan menyusun tata cara penyusunan peraturan internal serta menyiapkan regulasi terkait dengan pemilihan Rektor UNS periode 2024-2029 dan diharapkan siap pada minggu ketiga Januari 2024. Sosialisasi Peraturan MWA mengenai pemilihan Rektor direncanakan dilakukan pada minggu ketiga Januari 2024 sampai minggu pertama Februari 2024. Proses pemilihan Rektor yaitu penjaringan; penyaringan; pemilihan dan penetapan direncanakan dilaksanakan pada minggu pertama Februari 2024 sampai dengan minggu keempat Maret 2024. Rektor UNS periode 2024-2029 direncanakan dilantik pada April 2024.

Plt Dirjen Diktiristek Prof Nizam bersama tim teknis menyepakati serta mengapresiasi langkah dan tahapan-tahapan menuju pemilihan rektor tersebut. Diketahui, Rektor, Ketua Senat Akademik, Wakil Rektor, Sekretaris Senat Akademik, Sekretaris UNS, Ketua Satuan Pengawas Internal dan Kepala Kantor Hukum diundang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi untuk berkoordinasi terkait perkembangan kelembagaan UNS bertempat di Lantai 3 Gedung D, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Plt Dirjen Diktiristek Prof. Nizam hadir langsung dalam rapat koordinasi beserta dengan Plt. Sekretaris Ditjen Diktiristek Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie, serta tim teknis yang dibentuk oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk membantu tugas menteri selaku pelaksana tugas Majelis Wali Amanat (MWA) UNS. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat