visitaaponce.com

Banjir Sumbawa Barat Rendam 7.500 Rumah

Banjir Sumbawa Barat Rendam 7.500 Rumah
Banjir di Sumbawa Barat.(MGN/Moeis Damhoeiji.)

SEBANYAK 7.500 rumah di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, terendam banjir luapan sungai. Akibatnya 30.000 jiwa terdampak banjir.

Banjir itu merendam dua kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat. Air menggenangi rumah warga dengan ketinggian 75 sentimeter hingga 100 sentimeter.

Air juga merendam jalan-jalan utama dan permukiman di Kota Taliwang. Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa Barat setidaknya 7.500 rumah terendam banjir akibat luapan sungai Brang Rea.

Beberapa desa yang terdampak banjir luapan sungai Brang Rea antara lain Tepas Sepakat, Tepas, Desaberu, Sapugara Bree, dan Seminar Salit, Kecamatan Brang Rea. Kemudian Desa Tamekan, Kelurahan Sampir, Kelurahan Bugis, dan Kelurahan Menala, Kecamatan Taliwang.

Pemkab Sumbawa Barat bersama Pemprov NTB sudah menyalurkan bantuan logistik bagi korban banjir di dua kecamatan berupa kebutuhan makanan dan pakaian. Pemerintah juga telah membangun dapur umum yanh dipusatkan di kantor Dinas Sosial Sumbawa Barat.

Pemerintah setempat juga telah turun langsung memberi bantuan untuk para korban di dua kecamatan yang terdampak. "Kondisi air di sebagian wilayah saat ini sudah berangsur surut," ujar Syaifuddin, Wakil Bupati Sumbawa Barat. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat