visitaaponce.com

Korlantas Polri 50 Pemudik Gunakan Kendaraan Pribadi

Korlantas Polri: 50% Pemudik Gunakan Kendaraan Pribadi
Sejumlah kendaraan melintas di jalan Tol Palikanci, Cirebon, Jawa Barat(Antara)

KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyebut sebanyak 50 persen pemudik akan memilih pulang ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengemukakan perilaku pemudik yang ingin cepat sampai ke tujuan menjadi alasan pemudik memilih menggunakan kendaraan pribadi ketimbang umum.

“Ada mobil pribadi sebanyak 27 juta, bus 22 juta, mobil sewa 9 juta, artinya 50 persen lebih pemudik sangat potensial gunakan jalan tol,” terang Aan dalam acara dialog publik bertajuk 'Keterjangkauan Pangan, Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Publik Jelang mudik Lebaran 2023' di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (28/3). 

Baca juga : Puncak Arus Mudik Lebaran 2023 Diprediksi pada H-1 Idulfitri

Terkait penegakan hukum saat mudik berlangsung, Aan mengatakan pihaknya memposisikan diri sebagai masyarakat yang tengah mudik.

Baca juga : Mudik Lebaran Segera Tiba, Cek Safety Loading Kendaraan Pribadi Anda

“Artinya masyarakat sendiri akan tahu perjalanannya kapan, kemudian apa saja yang harus dipersiapkan, sehingga perjalanan lancar, selamat sampai tujuan dan tahu aturan-aturan apa saja yang harus diikuti,” tuturnya.

Namun, Aan menegaskan penegakan hukum tetap dilaksanakan melalui Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) atau tilang elektronik.

“Jadi penegakan hukum itu jangan diasumsikan kita menilang, tidak. Penegakan hukum tidak hanya tilang, ETLE tilang, kemudian kita menghentikan para pelanggar yang kelihatan atau yang nyata kelihatan secara fisik, kita hentikan, kita edukasi itu sudah penegakan hukum,” tegasnya.

Aan pun menghimbau agar para pemudik, agar tidak menggunakan kendaraan roda dua. Hal itu lantaran dari 100 persen, 78 persen lakalantas terjadi melibatkan sepeda motor.

“Kita sangat mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik jangan menggunakan sepeda motor, silahkan tadi pemerintah sudah siapkan, pemudik sepeda motor, artinya motor naik truk, pemudiknya menggunakan bus, itu akan lebih aman di jalan,” tandasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat