visitaaponce.com

Purwakarta Pertahankan 16.240 Hektare Sawah Abadi

Purwakarta Pertahankan 16.240 Hektare Sawah Abadi
Sejumlah petani tengah panen di tengah areal persawahan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat(MI/REZA SUNARYA)

PEMERINTAH Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyiapkan sejumlah
langkah strategis untuk memastikan ketahanan pangan terus terjaga. Salah satunya adalah pencegahan perubahan fungsi lahan pertanian produktif menjadi lahan non-pertanian, di antaranya menjadi
kawasan perumahan.

Untuk itu, pemkab telah menetapkan 16.240 hektare lahan sebagai sawah abadi yang tidak boleh berubah fungsi. Langkah itu merupakan tekad dan komitmen Pemkab Purwakarta menjaga ketahanan pangan daerah serta nasional.

Menurut Bupati Anne Ratna Mustika, Perda Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan merupakan langkah penting dan sangat strategis dalam membangun ketahanan pangan jangka panjang, yang muaranya adalah terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini langkah strategis bagi pemerintah dan masyarakat agar dapat melindungi kawasan lahan pertanian pangan secara berkelanjutan. Langkah ini sekaligus sebagai bentuk dukungan penuh kami terhadap program ketahanan pangan nasional," tandasnya, Kamis (30/3).

Perda Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, lanjut Anne, akan
menjadi dasar hukum dalam perencanaan, pembinaan, pengawasan dan
pengendalian alih fungsi lahan pertanian pangan guna menjamin ketersediaan lahan pertanian pangan secara berkelanjutan. Perda Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) dimaksudkan
untuk tetap mempertahankan areal pertanian tidak berubah fungsi. Salah satu keberhasilan itu dibuktikan dengan peningkatan kapasitas produksi padi.

"Kami ingin memastikan berbagai kebijakan pemerintah dalam menjamin
ketersediaan pangan secara berkelanjutan, serta mewujudkan kemandirian,
ketahanan, dan kedaulatan pangan di daerah. Langkah itu sekaligus sebagai salah satu bentuk perlindungan dan jaminan terhadap ketersediaan lahan pertanian pangan secara berkelanjutan," ungkap Anne.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk membangun ketahanan
pangannya sangat layak diapresiasi. Dengan luas wilayah 971,72 kilometer persegi, Purwakarta termasuk kabupaten paling kecil di Jawa Barat. Meski demikian, Purwakarta terus membangun sektor pertaniannya untuk memastikan ketahanan pangan tetap terjaga. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat