visitaaponce.com

Ribuan Hektare Lahan Rawa di Bangka Selatan akan Dijadikan Sawah

Ribuan Hektare Lahan Rawa di Bangka Selatan akan Dijadikan Sawah
Ilustrasi lahan rawa dan persawahan.(Dok. MI)

RIBUAN hektare lahan rawa yang berada di 22 desa di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan dijadikan persawahan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan, Risvandika, mengatakan luas lahan rawa yang akan dialihfungsikan 6 ribu hektare.

Langkah ini, menurutnya bagian dari upaya percepatan optimalisasi lahan rawa untuk dimanfaatkan oleh para petani, dengan tujuan meningkatkan efisiensi penggunaan air dan mengurangi risiko banjir atau genangan air yang dapat merusak tanaman pertanian.

Baca juga : Ribuan Hektare Rawa Bangka Selatan akan Disulap Jadi Sawah

Ia menyebutkan kebijakan ini diambil untuk mendukung produksi padi dalam negeri guna mencapai swasembada pangan, khususnya di Kabupaten Bangka Selatan dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Tahun ini dari Kementan, kita dapat anggaran untuk optimalisasi lahan rawa seluas 6 ribu hektare," katanya. Kamis (16/5).

Optimalisasi lahan rawa ini tersebar di 22 desa di tujuh kecamatan, antara lain Toboali, Airgegas, Simpang Rimba, Pulau Besar, Tukak Sadai, Lepar, dan Kepulauan Pongok.

Baca juga : Suami Istri di Bangka Selatan Tersambar Petir

"22 desa itu memiliki potensi pembukaan lahan rawa menjadi sawah. Bahkan sudah dilakukan survei oleh provinsi kerjasama dengan Universitas Bangka Belitung (UBB) guna melakukan kegiatan konstruksi fisik," ujarnya.

Ia mengaku alasan Dipilihnya tujuh kecamatan karena masih adanya indeks pertanaman (IP) yang dilakukan hanya satu kali dalam setahun.

“Semua ini untuk menjaga kebutuhan pangan kita dengan meningkatkan produktivitas pertanian,” ucapnya.

Risvandika menambahkan program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani, tetapi juga memberikan kesempatan kepada semua petani di berbagai jenis lahan untuk bercocok tanam.

(Z-9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat