visitaaponce.com

Pemkab Kaur Salurkan 116 Mesin Pompa Air untuk Sawah Tadah Hujan

Pemkab Kaur Salurkan 116 Mesin Pompa Air untuk Sawah Tadah Hujan
Petani mengalirkan air ke area persawahan miliknya dengan menggunakan mesin pompa air di Desa Suak Raya, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh.(Antara/Syifa Yulinnas)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Kaur, Provinsi Bengkulu, menyalurkan 116 bantuan mesin pompa air untuk areal persawahan tadah hujan pada Juni lalu. Tujuannya meningkatkan produksi padi guna mewujudkan ketahanan pangan dalam mengatasi krisis pangan global.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kaur, Kastilon, di Bengkulu, mengatakan bantuan mesin pompa air ini diprioritaskan kepada kelompok tani yang memiliki lahan tadah hujan dengan tingkat produksi kurang lebih 4,5 ton per hektare. Pompa tersebut berasal dari Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (DPSP) kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Kaur.

Bantuan mesin tersebut, lanjut dia, dengan rincian terdiri dari satu mesin pompa air jenis 6 inci. Selebihnya mesin pompa air dengan jenis 3 inci.

Baca juga : Pemkab Kaur Bengkulu Bagikan Pompa untuk Airi Sawah Tadah Hujan

Pemkab berharap dengan bantuan mesin pompa air, petani dapat mengoptimalkan penggunaan air untuk irigasi. Dengan demikian, tanaman padi dapat tumbuh dengan baik dan memberikan hasil yang lebih baik pula.

"Pemkab juga mengingatkan para kelompok tani merawat serta menggunakan mesin pompa air dengan bijak. Harapannya, mesin pompa tahan lama dan memberikan manfaat maksimal," imbuhnya.

Selain mesin pompa air, kata dia, petani memperoleh bantuan hand tractor sebanyak lima unit. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat