visitaaponce.com

Pemkab Kaur Bengkulu Bagikan Pompa untuk Airi Sawah Tadah Hujan

Pemkab Kaur Bengkulu Bagikan Pompa untuk Airi Sawah Tadah Hujan
Ilustrasi seorang petani mengoperasikan pompa air.(Antara)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur, Provinsi  Bengkulu, telah menyalurkan sebanyak 116 bantuan mesin pompa air kepada kelompok-kelompok tani yang memiliki area persawahan tadah hujan pada Juni lalu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kaur, Kastilon, mengatakan langkah itu dilakukan untuk meningkatkan produksi padi di tengah musim kemarau.

"Bantuan mesin pompa air ini diprioritaskan kepada kelompok tani yang  memiliki lahan tadah hujan dengan tingkat produksi kurang lebih 4,5 ton per hektare," ujar Kastilon di Bengkulu, Selasa (2/7).

Baca juga : Pemkab Banyumas Siapkan Puluhan Pompa Air untuk Hadapi Musim Kemarau

Pemkab berharap bantuan mesin pompa air itu dapat mengoptimalkan penggunaan air untuk irigasi sehingga tanaman padi dapat  tumbuh dengan baik dan memberikan hasil yang lebih baik pula. Diharapkan, sawah mereka tidak mengalami kekeringan.

"Pemkab juga mengingatkan para kelompok tani merawat serta menggunakan mesin pompa air ini dengan bijak agar tahan lama dan memberikan manfaat yang maksimal," imbuhnya.

Selain mesin pompa air, kata dia, petani juga mendapatkan bantuan lima unit hand traktor yang juga telah telah disalurkan pada Juni. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat