visitaaponce.com

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Tinjau Bantuan Pompa Irigasi di Sulsel

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Tinjau Bantuan Pompa Irigasi di Sulsel
Presiden Joko Widodo menyapa petani dan meninjau langsung pelaksanaan pemberian bantuan 300 unit pompa untuk pengairan(Instagram)

PRESIDEN Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau langsung pelaksanaan pemberian bantuan 300 unit pompa untuk pengairan sawah dan pertanian (pompanisasi) di Desa Jaling, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Kamis, (4/7). 

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani dengan memperbaiki sistem irigasi di daerah kering seperti di Provinsi Sulawesi Selatan.

Di lokasi, Presiden Jokowi berkesempatan untuk berdialog dengan para petani yang sedang bekerja di sawah. Salah satu petani, Isal, mengungkapkan ada kebutuhan mendesak akan air hujan, untuk mengairi sawahnya yang berada di dataran tinggi.

Baca juga : Jokowi Minta Harga Gabah Segera Ditentukan

"Kurang hujan, padahal di sini air hujan saja yang ditunggu. Ini sawah tinggi daratannya, jadi menunggu air hujan baru bisa bertani di sawah," kata Isal, melalui keterangan resmi biro pers Sekretariat Presiden.

Isal mengapresiasi bantuan pompa yang diberikan pemerintah. Menurutnya, pompa tersebut dapat membantunya dalam bertani.

"Ada (perbedaannya), kalau tidak ada hujan tidak menggarap sawah, karena menunggu air hujan untuk sawahnya. (Ada pompa) bisa agak lancar bersawahnya," kata Isal.

Baca juga : Pemkab Kaur Salurkan 116 Mesin Pompa Air untuk Sawah Tadah Hujan

Petani lainnya, Andi Mus Mulyadi, berpendapat bahwa pompa tersebut dapat mengatasi kekurangan air saat musim kemarau. Dia menceritakan perbedaan signifikan dalam produktivitas tanam sejak menggunakan pompa irigasi. Dirinya dan petani lainnya dapat bertani hingga tiga kali dalam setahun.

"Kalau _ndak_ ada pompa (tanam) satu tahun sekali. Selama ini ada pompa, bisa tanam sampai tiga kali kalau hasilnya merata. Beda ton-nya selama pakai pompa hampir satu ton dengan pakai pupuk organik," kata Andi.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kegiatan tersebut adalah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrulloh, dan Pj. Bupati Bone Andi Islamuddin. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat