visitaaponce.com

Bio Farma Berkomitmen Utamakan Memasok Vaksin Polio untuk Dalam Negeri

Bio Farma Berkomitmen Utamakan Memasok Vaksin Polio untuk Dalam Negeri
Novel Oral Polio Vaksin tipe 2 (nOPV2) adalah vaksin polio generasi baru yang pertama di dunia produksi Bio Farma(DOK/BIO FARMA)

WORLD Helath Organization (WHO) pada 2014 menyatakan bahwa Indonesia bebas polio dengan mendapatkan sertifikat bebas polio. Namun pada November 2022 Indonesia dikejutkan dengan ditemukannya kasus polio di Pidie, Aceh.

Penyebabnya adalah kombinasi berbahaya dari cakupan imunisasi yang rendah dan kondisi lingkungan yang tidak sehat. Ini adalah kejadian pertama sejak Indonesia dinyatakan bebas polio pada 2014.

Pemerintah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) polio
usai ditemukan satu kasus polio tipe 2 di Pidie, Aceh. Saat ini ada tiga provinsi yang sudah menetapkan KLB Polio, yakni Aceh, Sumatra Utara dan Jawa Barat.

United Nations Children's Fund (UNICEF) telah menyediakan sekitar 10 juta dosis Vaksin nOPV2 produksi Bio Farma untuk pelaksanaan Outbreak Response Immunization (ORI) agar mencegah penambahan kasus polio di Indonesia.

Sekretaris Perusahaan Bio Farma, Rifa Herdian, Selasa (4/4), menyampaikan, Bio Farma mengutamakan pemenuhan kebutuhan vaksin polio dalam negeri. Saat ini selaku produsen vaksin, Bio Farma telah mengekspor produknya ke lebih dari 150 negara dan memenuhi 70% kebutuhan vaksin polio di dunia.

"Bio Farma memiliki kapasitas produksi Vaksin nOPV2 lebih dari 500 juta
dosis per tahun. Kini, kami sedang dalam proses untuk instalasi FIlling line 2 guna menambah kapasitas nOPV2. Kami mengekspor vaksin nOPV2 sebanyak 300-400 juta dosis per tahun," jelasnya.

15 juta dosis

Sebagai BUMN Farmasi, Bio Farma berkomitmen untuk tetap mendukung program pemerintah, dengan mengutamakan pemenuhan kebutuhan
Vaksin nOPV2 untuk masyarakat Indonesia terutama yang terdampak KLB.  

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), membutuhkan alokasi Vaksin nOPV2 untuk penanganan outbreak di Indonesia sebanyak 15 juta dosis, untuk wilayah Aceh, Sumut dan Jabar. Bio Farma secara bertahap  mendistribusikan vaksin nOPV2  berdasarkan koordinasi bersama Kemenkes.

"Kami berperan aktif untuk percepatan pengembangan dan produksi vaksin
nOPV2, sebagai strategy end-game polio di dunia," ungkap Rifa.

Menurut dia, Novel Oral Polio Vaksin tipe 2 (nOPV2) adalah vaksin polio
generasi baru yang pertama di dunia, yang merupakan hasil penelitian dari induk Holding BUMN Farmasi BUMN, Bio Farma. Secara uji klinis, nOPV2 ini, memberikan perlindungan yang sama terhadap virus polio tipe 2, dengan keunggulan lebih stabil secara genetik. Vaksin ini memiliki kemungkinan yang kecil untuk kembali terjadinya cVDPV atau Circulating Vaccine  Derived Poliovirus yakni munculnya kembali kasus polio dari mutasi virus dalam vaksin. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat