visitaaponce.com

Pakar Dukung Penerapan Hipnoterapi Bagi Pelanggar Lalu Lintas oleh Polrestabes Surabaya

Pakar Dukung Penerapan Hipnoterapi Bagi Pelanggar Lalu Lintas oleh Polrestabes Surabaya
Sejumlah remaja melakukan aksi balap liar(MI/AMIRUDDIN ABDULLAH)

TEROBOSAN Polrestabes Surabaya dalam menangani pembalap liar dan pelanggar lalu lintas dengan pendekatan humanis, khususnya hipnoterapi, menuai apresiasi. Pendekatan itu dinilai sesuai dengan akar masalah yang ada.

"Metode ini menawarkan cara yang lebih holistik dan berfokus pada memahami akar permasalahan dan faktor psikologis yang mendorong perilaku tersebut," ujar pemerhati sosial dan kependudukan Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi, Rasminto, kemarin.

Dengan memanfaatkan hipnoterapi, tuturnya, pelaku balap liar dapat dipandu untuk merespons situasi dengan cara yang lebih baik. Pendekatan itu juga bisa mengubah perilaku mereka agar tidak mengulangi tindakan melanggar hukum.

"Tapi terobosan ini tidak boleh dianggap sebagai pengganti sistem hukum yang berlaku. Pelaku balap liar dan pelanggar lalu lintas harus tetap bertanggung jawab atas perbuatannya dan dihukum sesuai hukum yang berlaku," tandasnya.

Rasminto menambahkan upaya terbaik dalam menangani masalah pelaku balap liar dan pelanggar lalu lintas adalah kombinasi dari pendekatan hukum dan pendekatan humanis.

"Penggunaan hukum yang tegas dapat menjadi pendorong bagi pelaku balap liar untuk berubah perilaku dan menghindari tindakan melanggar hukum. Sementara pendekatan humanis dapat membantu pelaku balap liar memahami akar permasalahan dan mencegah perilaku melanggar hukum terulang kembali di masa depan," tandasnya. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat