visitaaponce.com

Kota Denpasar Gencarkan Edukasi Pilah Sampah dari Sumber

Kota Denpasar Gencarkan Edukasi Pilah Sampah dari Sumber
Warga Kelurahan Panjer, Denpasar, Bali, antusias membawa sampah anorganik ke Bank Sampah Alam Asri untuk ditimbang, Minggu (9/4).(MI/Ruta Suryana)

KEGIATAN edukasi memilah sampah dari sumbernya terus digencarkan di Kota Denpasar, Provinsi Bali, terutama di tingkat desa/kelurahan. Seperti yang dilakukan di Kelurahan Panjer, Bank Sampah Alam Asri memfasilitasi warga  pengumpulan dan penimbangan sampah anorganik, Minggu (9/4).

Menurut Lurah Panjer, I Putu Budi Ari Wibawa, kegiatan ini adalah wujud komitmen Kelurahan Panjer dan warganya dalam mengimplementasikan Peraturan Gubernur Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber.

"Kegiatan pengumpulan dan penimbangan sampah ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di Kelurahan Panjer sebagai upaya edukasi kepada masyarakat dalam pengelolaan sampah yang dihasilkannya sendiri. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan Posyandu  di masing-masing lingkungan," ujarnya.

Baca juga : Waduh, Timbulan Sampah Justru Meningkat 20% Selama Ramadan

Sebelumnya pihaknya bersama pengurus TPS3R Paku Sari telah melaksanakan sosialisasi keliling dengan menyasar warga, termasuk PKK dan komunitas.

"Harus diakui, bila melihat secara komprehensif masyarakat masih banyak  yang belum sadar perihal imbauan pemerintah tentang pemilahan sampah di sumber. Kami berharap apa yang sudah dilakukan di Kelurahan Panjer ini menjadi embrio kesadaran masyarakat agar peduli terhadap lingkungannya, karena sampah-sampah  tersebut memiliki nilai ekonomis apabila dapat dikelola yang benar dengan konsep 3R  yakni Reuse, Reduce, Recycle," tandasnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat