visitaaponce.com

PLN Sulawesi Bangun SUTET di Sulawesi Tenggara-Sulawesi Tengah

PLN Sulawesi Bangun SUTET di Sulawesi Tenggara-Sulawesi Tengah
Sejumlah pekerja melakukan pengecekan menara tiang saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET)(ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

GUNA  memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dan industri di wilayah Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah, PT PLN Sulawesi bakal membangun Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 Kilo Volt (KV) dari Kendari (Kelurahan Watubangga) dan Andowia (Konawe Utara) di Sulawesi Tenggara sampai di Bungku (Sulawesi Tengah).

PLN Sulawesi melakukan konsultasi publik studi analisis dampak lingkungan (Amdal) bersama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Pemerintah Kota Kendari, dan tokoh masyarakat, Rabu (24/5).

Selain itu, PLN UIP Sulawesi juga sedang dalam tahap proses sosialisasi
dan pembahasan analisis dampak lingkungan di masyarakat.

Officer Lingkungan PT PLN Sulawesi, Edya Pitoyo, mengungkapkan pembangunan SUTET membentang antara Sulawesi Tenggara ke Sulawesi Tengah dengan jumlah tower sebanyak 568 titik, dilengkapi tiga gardu induk. "Saat ini sedang dalam proses menuju pembangunan."

Tiga gardu induk, lanjutnya, dibangun di Kecamatan Baruga dan Kecamatan Langgikima di Konawe Utara , serta di Kecamatan Bungku,
Morowali," ungkapnya.

Edy mengatakan, selain untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, pembangunan SUTET ini juga untuk memenuhi kebutuhan industri pertambangan yang permintaannya mulai meningkat di Kabupaten Morowali, Konawe, dan Konawe Utara.

"Untuk rencana pembangunan kami sedang upayakan perizinannya.
Mudah-mudahan tahun 2023 ini sudah selesai semua, termasuk perizinan dan pembebasan lahannya. Kemudian,  Insya Allah pada 2024 sudah bisa
dimulai kegiatan konstruksinya. SUTET sudah beroperasi pada 2025," tambahnya. (N-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat