visitaaponce.com

Pemkab Sukabumi Jalin Kerja Sama dengan Media Indonesia

Pemkab Sukabumi Jalin Kerja Sama dengan Media Indonesia
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Dirut PT Citra Media Nusa Purnama Gaudensius Suhardi memperlihatkan nota kesepahaman untuk bekerja sama.(MI/BENNY BASTIANDY)

PEMERINTAH Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjalin kerja sama dengan PT Citra Media Nusa Purnama (Media Indonesia) berkaitan dengan promosi dan publikasi serta peningkatan sumber daya manusia untuk pengembangan potensi daerah.

Kerja sama dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Direktur Utama PT Citra Media Nusa Purnama Gaudensius Suhardi di Pendopo Palabuhanratu, Selasa (13/6).

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengaku bersyukur bisa bekerja sama dengan Media Indonesia yang diharapkan membantu dari sisi promosi dan publikasi kepada publik berkaitan dengan berbagai potensi yang dimiliki daerahnya. Media Indonesia dinilai memiliki jejaring sebagai media massa berskala nasional, bisa menjadi fasilitator informasi bagi masyarakat.

"Tanpa bantuan informasi, masyarakat akan sulit mendapatkan ruang yang
diharapkan. Kami ingin informasi ini jangan hanya jadi konsumsi di
masyarakat kita saja, tapi bisa meluas atau dikenal luas. Makanya, ini
perlu kerja keroyokan," kata Marwan seusai penandatanganan nota kesepakatan.


Kekayaan alam


Dia mengungkapkan Kabupaten Sukabumi dianugerahi potensi kekayaan alam yang hampir semuanya ada. Terutama potensi sektor pariwisata, yang mungkin tak semua daerah atau bahkan negara lain memilikinya.

Satu di antaranya Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang sudah mendapatkan
sertifikat sebagai UNESCO Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu dari UNESCO. Bukan perkara mudah mendapatkan sertifikat dari UNESCO tersebut, bahkan ada yang sampai memprosesnya hingga 10 tahun.

"Alhamdulillah, kita sudah memiliki sertifikatnya dari UNESCO sebagai
UNESCO Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu," ucap bupati dua periode itu.

Seperti diketahui, Kabupaten Sukabumi memiliki jargon Gurilapss yang merupakan akronim dari Gunung, Rimba, Laut, Pantai, Sungai, dan Seni Budaya. Semua potensi itu ada di Kabupaten Sukabumi.

Berbagai potensi itu terus dipromosikan untuk menarik minat wisatawan
datang ke Sukabumi. Apalagi dukungan infrastruktur jalan tol Bocimi sedang dalam progres pembangunan lanjutan.

"Sekarang pembangunannya baru sampai Sesi II. Kalau sampai jalan tol Bocimi selesai, jarak tempuh dari Jakarta ke Sukabumi hanya sekitar 2 jam. Selama ini yang jadi kendala wisatawan datang ke Sukabumi, terutama dari Jakarta dan sekitarnya, karena tingkat kemacetan. Waktu tempuh Jakarta ke Sukabumi bisa sampai sembilan jam. Makanya ada anekdot, daripada ke Sukabumi mending berangkat umrah. Ini karena waktu tempuh yang sangat lama karena kemacetan," beber Marwan.

Bupati yang mulai memimpin Sukabumi pada 2016 itu mengaku menaruh harapan besar kepada Media Indonesia sebagai media massa berskala nasional dengan jejaring yang begitu luas, bisa membantu mempromosikan dan mempublikasikan berbagai potensi di Kabupaten Sukabumi. Tujuan akhir dari semua upaya yang dilakukan Pemkab Sukabumi tak lain ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami sangat menantikan kerja sama ini. Kami menyambut baik kerja sama ini. Mudah-mudahan yang selama ini jadi mimpi bisa terwujud dengan bantuan semua pihak, sehingga berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sukabumi," pungkasnya.


Fungsi media massa


Pada kesempatan itu, Direktur Utama PT Citra Media Nusa Purnama, Gaudensius Suhardi, menjelaskan kesepakatan kerja sama tersebut merupakan implementasi fungsi Media Indonesia sebagai media massa berskala nasional. "Kami berkewajiban memberikan informasi, melakukan kontrol sosial, menjalankan fungsi pendidikan, dan juga hiburan."

Media Indonesia, lanjutnya, hadir untuk menjalankan empat fungsi tersebut. Ini tak lain untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam rangka pengembangan potensi daerah.

Dia menyebut ada keunikan tersendiri yang dimiliki Kabupaten
Sukabumi, sehingga Media Indonesia berkeinginan menjalin kerja sama.
Utamanya berbagai potensi yang dimiliki di daerah tersebut.

"Kekuatan Kabupaten Sukabumi itu terletak pada namanya. Tak ada di tempat lain di Indonesia yang mempunyai nama bumi yang disukai atau Sukabumi. Ini ditunjang juga dengan berbagai potensi yang dimiliki.
Kami coba membantu mempromosikan berbagai potensi di Kabupaten Sukabumi," pungkasnya.

Penandatanganan kesepakatan di Pendopo Palabuhanratu dihadiri juga sejumlah pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sukabumi. Sementara itu jajaran PT Citra Media Nusa Purnama yang turut hadir yakni Direktur Sales dan Pengembangan Bisnis Gustaf Bernhard R, Deputi Direktur Pengembangan Bisnis F Saiful Bachri, Manager Publishing, Digital, dan Multimedia M Zulqarnain, Community Supervisor Firmansyah, dan Account Executive Alfarisa Puteri Octaviani. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat