visitaaponce.com

214 Petugas Akan Pantau Penyembelihan Hewan Kurban di Yogyakarta

214 Petugas Akan Pantau Penyembelihan Hewan Kurban di Yogyakarta
Penjualan hewan kurban di Yogyakarta(Antara/Andreas Fitri Atmoko)

KEPALA Bidang Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Muhammad Imam Nurwahid mengatakan, tempat penyembelihan hewan kurban yang diselenggarakan masyarakat pada Idul Adha tahun 2023 di Kota Yogyakarta berjumlah sekitar 500 titik. Jumlah tersebut tidak berbeda jauh dengan tahun lalu.

Petugas pemantauan akan diterjunkan agar hewan kurban yang nantinya dikonsumsi masyarakat aman. 

"Pemantauan petugas di tempat penyembelihan sebelum disembelih atau antemortem dan sesudah disembelih atau postmortem saat hari H Idul Adha dan selama Hari Tasyrik," papar Imam melalui siaran pers dari Humas Pemkot Yogyakarta, Senin (19/6).

Baca juga : Idul Adha, Masyarakat Diimbau Terapkan Prinsip Ecoqurban

Pemantauan hewan kurban sebelum disembelih terutama kondisi kesehatannya. Setelah disembelih pada bagian hewan-hewan kurban, misalnya terkait ada tidaknya cacing hati pada sapi. Petugas memastikan hewan kurban yang setelah disembelih aman dibagikan dan dikonsumsi masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Suyana menyatakan, sekitar 214 petugas akan ditugaskan untuk memantau penyembelihan hewan kurban yang dilakukan oleh masyarakat di luar RPH Giwangan. 

Baca juga : Chef Stefu Beri Tips Mengolah Daging Kurban

Petugas tersebut berasal dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, dosen, dan mahasiswa Fakultas Kedokteran hewan UGM, mahasiswa Fakultas Peternakan UGM, dan sekolah vokasi kedokteran hewan serta dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia.

"Sebanyak 214 petugas diterjunkan ke seluruh tempat-tempat penyembelihan hewan kurban," terang Suyana.

Dia menyatakan sebanyak 214 petugas juga memantau kesehatan hewan kurban pada H-1 Idul Adha di tempat-tempat penyembelihan di masyarakat di wilayah Kota Yogyakarta. Saat hari H Idul Adha sampai H+3 pemantauan pada kondisi kesehatan hewan kurban setelah disembelih.

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta juga sudah memetakan lokasi penyembelihan hewan kurban di masyarakat di luar RPH Giwangan. Hal itu untuk memudahkan petugas memantau hewan kurban ke tempat-tempat penyembelihan yang diselenggarakan masyarakat.

"Di mana tempat-tempat penyembelihan hewan kurban itu kami sudah punya datanya. Sudah ada di peta kami, titik-titiknya mana saja petugas tinggal mendatangi Setiap tahun kita lakukan seperti itu untuk mempermudah pemantauan tempat penyembelihan," papar dia.

Suyana menyebut diperkirakan jumlah hewan kurban yang disembelih di Kota Yogyakarta pada 2023 untuk sapi 2.276 ekor serta kambing dan domba mencapai 2.183 ekor. Jumlah tersebut tentu tidak cukup dipasok dari peternak di Kota Yogyakarta. 

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta mencatat per 13 Juni 2023, ketersediaan hewan kurban di Kota Yogyakarta sebanyak 661 ekor terdiri dari sapi 46 ekor, kambing 65 ekor dan domba 612 ekor.

Pihaknya menegaskan untuk hewan kurban dari luar kota harus menyertakan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

"Sebenarnya tidak hanya menjelang Idul Adha, tapi sebetulnya setiap hari lalu lintas ternak dari luar daerah harus disertai dengan SKKH. Tapi lalu lintas hewan antar kabupaten jadi kewenangan DIY," tutup Suyana. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat