visitaaponce.com

Hari UMKM Nasional, HIPMI Picu Penyerapan Tenaga Kerja

Hari UMKM Nasional, HIPMI: Picu Penyerapan Tenaga Kerja
Ketua Bidang UMKM dan Koperasi Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI), Tri Febrianto(Dok. Ist)

KETUA Bidang UMKM dan Koperasi Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI), Tri Febrianto, mengapresiasi pelaksanaan peringatan Hari UMKM Nasional di Solo yang melibatkan sebanyak 2.000 pelaku UMKM dari seluruh Indonesia.

“HIPMI berharap para pelaku UMKM kegiatan ini menjadi platform bagi para pelaku UMKM Indonesia untuk memamerkan produk dan jasa unggulannya di hadapan ribuan peserta yang hadir," kata Tri, Jumat (11/8). 

UMKM merupakan salah satu dari pilar perekonomian Indonesia, yang tidak saja menyumbangkan 61,9 persen dari total PDB, tetapi juga menyerap 96,9 persen dari tenaga kerja nasional pada tahun 2022. UMKM memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia. 

Baca juga: Jadikan UMKM Naik Kelas dengan Gerakan Kemitraan Inklusif

Di antaranya, karena kedudukannya sebagai pemain utama dalam kegiatan ekonomi di berbagai sektor dengan jumlah kurang lebih 64,2 juta unit usaha yang tersebar seluruh Indonesia.

“Dengan peranan besar UMKM dalam meningkatkan value perekonomian sehingga memicu perluasan kesempatan penyerapan tenaga kerja," tutur ADB panggilan Tri Febrianto.

Baca juga: Jadilah Pejuang UMKM sebagai Wujud Bela Negara

Ia, juga berharap peringatan Hari UMKM Nasional ini dapat menjadi batu loncatan bagi pengusaha-pengusaha muda Indonesia yang bergerak di sektor UMKM dapat naik kelas.

“HIPMI juga selalu berkomitmen mendorong pengembangan kapasitas UMKM dengan memberikan sejumlah kemudahan hingga pelatihan untuk mendukung UMKM Naik kelas," ungkap Tri.

Untuk diketahui, Sebanyak 2.000 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia berpartisipasi di peringatan Hari UMKM Nasional di Solo. Peringatan hari UMKM dimulai selama 4 hari mulai tanggal 10-13 Agustus 2023. (Ykb/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat