visitaaponce.com

Keseruan Mahasiswa Asing UMP Ikut Lomba Agustusan

KEMERIAHAN HUT ke-78 RI begitu terasa di seluruh pelosok Indonesia, tak tertinggal di Kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). UMP mengajak mahasiswa internasional mengikuti upacara HUT Proklamasi ke-78 dengan mengenakan pakaian adat nusantara. Tidak ketinggalan mereka diajak mengikuti sejumlah lomba yang diadakan panitia.

Para mahasiswa asing tersebut tampak khidmat mengikuti upacara peringatan kemerdekaan RI. Salah seorang mahasiswa asal Sudan, Motwakil mengaku senang bisa ikut serta upacara dan lomba-lomba. Apalagi dia juga mengenakan pakaian adat. "Saya baru sekali ini memakai pakaian adat. Suka juga. Dan di sini, ada lomba-lomba. Di negara saya tidak ada lomba seperti ini," katanya.

Demikian juga dengan mahasiswa asal Zimbabwe, Sinqobile Amanda serta Mamoudou Samgare dari Mali. Mereka sangat senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. "Kami suka, karena dengan kegiatan ini," ujarnya.

Baca juga : Pawai Obor, Momentum Kebersamaan Untuk Membangkitkan Nilai-nilai Perjuangan Bangsa

Para mahasiswa asing itu tampak begitu senang ikut lomba-lomba di antaranya mengaitkan tutup makanan ke sebuah kait. Uniknya mereka tidak boleh pakai tangan, melainkan kepala. Keseruan terlihat pula saat mereka mengikuti lomba makan kerupuk. 

Rektor UMP Jebul Suroso mengatakan setiap tahunnya peringatan HUT Proklamasi akan 
terus berbeda. "Tahun ini, kami mengajak mahasiswa asing ikut upacara HUT RI dan mengikuti lomba. Mereka mengenakan pakaian adat Indonesia. Kita ingin mengenalkan keragaman budaya Indonesia," kata Rektor.

Rektor juga mengatakan bahwa mahasiswa asing begitu antusias untuk mengikuti upacara, apalagi lomba-lomba yang dselenggarakan. "Kita ingin memperlihatkan keragaman budaya Indonesia dan bahwa kemerdekaan Indonesia itu diperoleh melalui perjuangan, dan bukan given (diberi)," tandasnya. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat