visitaaponce.com

Kaesang Pangarep Menang Busana Terbaik di Istana Negara, Erina Gudono Bangga Banget

Kaesang Pangarep Menang Busana Terbaik di Istana Negara, Erina Gudono Bangga Banget
Pakaian adat dari wilayah Sulawesi Utara yang dikenakan Kaesang Pangarep.(Instagram)

PAKAIAN adat daerah milik Kaesang Pangarep, anak ketiga Presiden Joko Widodo, terpilih menjadi salah satu yang terbaik dalam perayaan HUT RI Ke-78 di Istana Negara.

Istri Kaesang, Erina Gudono mengaku bangga dengan kemenangan Kaesang, Erina pun mengungkapkan filosofi dan ide awal rancangan baju tersebut.

Dijelaskannya, Kaesang menggunakan pakaian adat dari wilayah Sulawesi Utara. Pakaian tersebut biasanya digunakan saat tradisi Kawasaran. "Kawasaran adalah tradisi leluhur Suku Minahasa Sulawesi Utara dan merupakan tarian Ksatria Minahasa yang disebut 'Waraney'," tulis Erina dalam unggahannya di Instagram @erinagudona, Kamis, 17 Agustus 2023.
 
Erina lalu menjelaskan alasannya memilih pakaian adat itu sebagai busana hari kemerdekaan tahun ini. Menurutnya, hal itu sebagai bentuk penghormatannya kepada ksatria yang telah berjuang.
 
"Kami memakai baju kawasaran sebagai lambang penghormatan kami kepada para Waraney (ksatria) bangsa yang telah berjuang melawan penjajah. Kami nyalakan jiwa muda ksatria Waraney untuk melanjutkan perjuangan  memajukan bangsa," tulis Erina.

Baca juga : Dewan Adat Apresiasi Presiden Libatkan Anak Papua pada Perayaan HUT RI

Sosok desainer pakaian adat Kaesang

Siapakah desainer busana daerah dari Sulawesi Utara yang dikenakan Kaesang? Erina mengungkapkan perancang busana yang Kaesang adalah Rinto Taroreh dan Angga Arisman Ananta.

Kemudian, Erina juga tidak lupa menyebutkan perancang busana yang telah membuat pakaian milik Kaesang terpilih menjadi yang terbaik. Perancang busana itu adalah Rinto Taroreh dan Angga Arisman Ananta.
 
Dalam unggahan dalam akun Instagram pribadinya @angga_arisnanta, Kamis. 17 Agustus 2023, Angga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Erina dan Kaesang. Hal itu karena ia telah dipercaya untuk membuat busana itu.
 
"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mbak @erinagudono Mas @kaesangp atas kesempatan dan kepercayaannya," tulis Angga.
 
Angga juga merasa terhormat sebagai warga Sulawesi Utara bahwa pakaian adatnya bisa dipilih dan digunakan oleh Erina dan Kaesang. Ia juga berterima kasih kepada rekan yang ada di dalam proyek itu, khususnya perancang busana lainnya, yakni Rinto Taroreh.
 
"Suatu kehormatan untuk kami warga Sulawesi Utara terima kasih juga untuk Pak @rinto_taroreh atas kolaborasi yang luar biasa. Tak lupa juga untuk stylist kita @gimmanuelk Terima kasih team @arc_management @rifanazaruddin @imellamelatiibeneran I Yayat U Santi!! Dirgahayu Republik Indonesia 78!," tulis Angga.
 
Selain itu, Erina juga mengunggah sebuah video melalui instastory di Instagram yang memperlihatkan Kaesang yang maju ke depan sebagai salah satu busana terbaik. Erina merasa tidak sia-sia membuatkan busana itu untuk suaminya.
 
"Menang best dress! @kaesangp #KabasaranMinahasa Enggak sia-sia perjuangan bikinnya," tulis Erina.
 
Selain Kaesang, inilah empat busana terbaik yang telah dipilih dalam perayaan HUT RI Ke-78 di Istana Negara. Ada busana milik Raja Amarasi dengan pakaian adat NTT, Grety dengan pakaian adat Bengkulu, Kohar dengan pakaian adat Banyuwangi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan pakaian adat Soe dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT.
 

Baca juga : Ke Sulawesi Utara, Presiden Akan Resmikan BTS 4G dan Pengoperasian Satelit Satria-1

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat