visitaaponce.com

Kreativesia 2023 di Solo Tuai Pujian

Kreativesia 2023 di Solo Tuai Pujian
Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (Kreativesia) 2023 di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8).(DOK IST)

GUNA memberikan penghargaan kepada individu, komunitas, hingga lembaga yang telah berdedikasi menghasilkan karya-karya kreatif dan gagasan inovatif yang luar biasa, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) 
menggelar Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (Kreativesia) 2023.

Ajang itu dipusatkan di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah dan dibuka pada Minggu (27/8/2023) oleh Menpora Dito Ariotedjo. Dalam sambutannya, Menpora mengatakan bahwa selain merayakan kreativitas, pihaknya ingin segenap komunitas untuk saling bertemu, berbagi pengalaman hingga berkolaborasi di Kreativesia.

"Saya melihat banyak berbagai macam komunitas. Ada komunitas disabilitas, sepeda bmx, musik, film, fesyen, hingga kuliner dan lainnya. Saya senang melihat semuanya itu pada guyub dan ini menghasilkan multiplier effect yang sangat bagus,” ujar Dito dalam keterangannya.

Baca juga: Gabungan Seniman Indonesia Gelar Bandung Street Fashion

Kreativesia memiliki misi memberikan wadah bagi kelompok atau komunitas hingga individu yang ingin mengekspresikan kreativitasnya, sekaligus memberikan wadah bagi mereka yang ingin berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia dan ekonomi Indonesia. 

Lebih lanjut Dito mengatakan alasan dipilihnya Solo menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kreativesia lantaran kota tersebut akan mewakili Indonesia di seleksi Jejaring Kota Kreatif UNESCO.

Baca juga: Lestarikan Budaya Melalui Parade Budaya Merah Putih

"Solo dipilih sebagai kota yang akan mewakili Indonesia di seleksi Jejaring Kota Kreatif UNESCO. Pura Mangkunegaran Solo mempunyai peran penting atas terpilihnya Kota Solo sebagai calon nominasi anggota UNESCO Creative Cities Network (UCCN) atau Jejaring Kota Kreatif periode 2023," ungkap Dito.

Oleh karena itu, Dito berharap melalui Kreativesia bisa menjadi pondasi agar kota Solo terpilih menjadi Jejaring Creative Cities Network oleh UNESCO. 

Yang tak kalah pentingnya, Kreativesia 2023 ini mempertemukan peserta dari 38 provinsi di seluruh Indonesia, sehingga Dito menilai jika ajang ini dapat memperkuat gotong royong antar para pelaku industri kreatif, komunitas, akademisi, private sektor dan pemerintah.

"Marilah kita jadikan kegiatan ini sebagai sarana bersenang-senang dan membangun jaringan para pemenang," pungkasnya. (RO/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat