visitaaponce.com

Melibatkan Masyarakat dalam Memelihara Cagar Budaya

Melibatkan Masyarakat dalam Memelihara Cagar Budaya
Ilustrasi Cagar Budaya(MI/Indriyani Astuti)

KETERLIBATAN masyarakat dalam memelihara cagar budaya bisa dilakukan dengan menggunakannya untuk kepentingan sehingga ada lokasi yang terus terpakai, dirawat secara konsisten, serta nilainya selalu bertambah.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud-Ristek, Hilmar Farid mengatakan banyak orang ingin memiliki bangunan cagar budaya untuk mengubahnya, kadang-kadang membongkar, hingga membuat baru. Namun yang bisa dilakukan tentunya memastikan keterlindungannya.

Oleh karena itu, cagar budaya harus sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah, maka berlaku hukum pidana bagi siapa pun yang berusaha mengubah atau menggantinya. Bisa dibayangkan bangunan tua yang punya sejarah panjang dengan narasi begitu hebat, tiba-tiba dibongkar diganti ruko yang membuat nilai warisan budayanya hilang.

Baca juga : Revitalisasi Kawasan Candi Muarajambi Turut Berdayakan Masyarakat

"Tetapi, lebih dari itu, kita juga terus menyosialisasikan bahwa dengan memelihara cagar budaya seperti adanya dan menggunakannya untuk berbagai macam kepentingan, itu justru nilainya akan bertambah," kata Hilmar dalam peringatan Hari Purbakala ke-111 di Jakarta Pusat, Jumat (21/6).

Saat ini sudah banyak contoh, seperti Perumahan Peruri yang ada di Blok M, MBloc, gedung kantor pos menjadi Pos Bloc, dan ada begitu banyak inisiatif lain di daerah menggunakan bangunan cagar budaya, mempertahankan keasliannya, dan justru dengan begitu nilainya akan bertambah.

"Pengalaman-pengalaman ini yang terus kita sampaikan kepada para pemilik, dan kita juga siap bekerja sama, karena kita tahu tidak murah dan tidak mudah memelihara cagar budaya itu. Tentu kita menyadari itu, dan dengan kerja sama berbagai pihak, sekarang ini sudah cukup banyak kemajuan, kesadaran bahwa sebenarnya dengan mempertahankan cagar budaya itu, nilainya akan bertambah," ungkapnya.

Selain itu dukungan dari komunitas pelestari sangat dibutuhkan. Kemudian didukung juga dengan komunikasi di antara semua pihak terkait pelestarian cagar budaya. (S-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat