visitaaponce.com

5 Kecamatan Di Aceh Utara Terendam Banjir

5 Kecamatan Di Aceh Utara Terendam Banjir
Banjir di pusat ibukota kecamatan Matangkuli.(MI/Amiruddin Abdullah Reubee)

SETELAH di guyur hujan seharian, Senin (4/9), lima kecamatan di kawasan Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, terendam banjir. Akibatnya aktivitas perekonomian warga terganggu.

Banjir di lima kecamatan itu merupakan banjir kiriman dari hulu sungai kawasan pengunungan Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah. Debit air melebihi kapasitas sehingga terjadi luapan Sungai Krueng Pase, Sungai Krueng Keureutoe, Sungai Krueng Pirak, dan Sungai Krueng Pentol.

Lokasi yang terendam banjir kiriman itu meliputi Kecamatan Matangkuli, Tanah Luas, Pirak Timu, Samudera dan Kecamatan Syamtalira Aron. Di mana ketinggian air berkisar 60 cm hingga 2 meter.

Baca juga : Banjir Melanda Sembilan Kecamatan di Aceh Utara, Satu Tewas

Di Kecamatan Matangkuli, lokasi paling parah tergenang banjir adalah Gampong (desa) Tanjung Haji Muda, Lawang, Siren, Pante, Meunje, dan Gampong Leubok. Pasalnya kawasan itu bermuaranya tiga sungai, yakni Sungai Krueng Keureutoe, Sungai Krueng Pirak dan Sungai Krueng Peutoe. 

Sebanyak 360 warga terpaksa diungsikan di pusat darurat banjir Gampong Tanjung Haji Muda, Senter Darurat Banjir Gampong Lawang, dan Senter Darurat Banjir Gampong Siren.

Tokoh Pemuda Kecamatan Matangkuli, Zulfadli, kepada Media Indonesia, Selasa (5/9) mengatakan warga tiga Gampong terdampak banjir mulai terkurung karena ketinggian air berkisar 2 meter. Mereka tidak bisa keluar ke pasar Matangkuli, Ibukota Kecamatan Matangkuli.

Baca juga : Aceh Tamiang Dilanda Banjir, 50 Rumah Terendam

"Apalagi pada lokasi tertentu berarus sangat deras. Empat sampan kayu untuk evakuasi warga juga tidak bisa menembus arus" kata Zulfadli.

Banjir juga melumpuhkan aktivitas perdagangan di pusat Ibukota Kecamatan Matangkuli. Pasalnya genangan banjir masuk ke toko-toko tempat penjualan pakaian dan bahan pokok.

"Tidak ada dapur umum dan belum sampai bantuan bahan makanan. Warga masih pakai dapur masing- masing keluarga yang diangkut dari rumah" tutur Zulfadli. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat