visitaaponce.com

Banjir Melanda Sembilan Kecamatan di Aceh Utara, Satu Tewas

Banjir Melanda Sembilan Kecamatan di Aceh Utara, Satu Tewas
Ilustrasi.(Dok MI.)

BANJIR melanda sembilan kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Banjir ini disebabkan oleh hujan lebat yang mengguyur wilayah Aceh Utara dan Kabupaten Bener Meriah selama dua hari.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, mengatakan banjir yang melanda wilayah tersebut terjadi sejak Senin, 25 Desember 2023. "Ada sembilan kecamatan yang terdampak banjir di Kabupaten Aceh Utara," kata Ilyas, Kamis, 28 Desember 2023.

Ilyas merinci kecamatan yang terdampak banjir yakni Dewantara, Nisam, Pirak Timur, Lhoksukon, Tanah Luas, Matangkuli, Cot Girek, Samudera, dan Geuredong Pase. Ketinggian air banjir mencapai 10 hingga 120 sentimeter.

Baca juga: Banjir Landa Tiga Kecamatan di Aceh Tamiang, 726 Mengungsi

"Banjir ini juga mengakibatkan satu orang tewas. Korban tewas ialah Arfan, 25, warga Gampong Lhoksukon, Kecamatan Lhoksukon. Arfan tewas tenggelam terseret arus di Sungai Patok 3," ujarnya.

BPBD Kabupaten Aceh Utara telah melakukan upaya penanganan banjir yakni melakukan pendataan dan distribusi bantuan kepada para korban terdampak, mengevakuasi warga yang berada di daerah rawan banjir, dan menyusun rencana evakuasi dan penyelamatan.

Baca juga: Satu Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir dan Longsor di Kabupaten Lima Puluh Kota

"Kondisi terakhir debit air sungai di wilayah Aceh Utara masih tinggi. Banjir juga semakin meluas. Kita mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi banjir susulan," jelasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat