visitaaponce.com

Modifikasi Cuaca di Kalimantan Selatan Kembali Dilancarkan

Modifikasi Cuaca di Kalimantan Selatan Kembali Dilancarkan
BNPB kembali menggelar hujan buatan di Kalimantan Selatan untuk mengatasi karhutla di Kalimantan Selatan.(MI/Rudi)

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali menggelar hujan buatan (TMC) di wilayah udara Provinsi Kalimantan Selatan. Sampai saat ini kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalsel masih terjadi di sejumlah wilayah Kalsel.

"Sejak kemarin BNPB kembali melakukan TMC di Kalsel. Kegiatan TMC akan berlangsung hingga tanggal 8 Oktober besok. Sejauh ini TMC berhasil menurunkan hujan di beberapa kabupaten seperti Tabalong dan Balangan, serta hujan dengan intensitas rendah di wilayah Kota Banjarbaru dan Banjarmasin," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kalsel, Pormadi Dharma, ditemui di Posko Karhutla Guntung Damar, Kota Banjarbaru, Jumat (6/10).

Dari hasil rapat tim BNPB dan Satgas Karhutla Kalsel, diketahui kegiatan TMC dilakukan dua kali penyemaian (shorti) sehari dengan jumlah garam yang disemai sebanyak 2 ton. Sedangkan wilayah semai meliputi Banjarmasin, Tapin, Tanah Laut, Kotabaru, dan kawasan banua Enam hingga Pegunungan Meratus.

Pantauan Media Indonesia, kegiatan TMC upaya penanganan darurat Karhutla dengan aksi pembasahan gambut di areal sekitar bandara Syamsudin Noor yang dilakukan tim BPBD Kalsel dan TNI-Polri masih terus berlangsung. Demikian pula dengan pemadaman karhutla di sejumlah wilayah melalui Satgas darat dan helikopter water bombing.

Pada bagian lain, parahnya kabut asap akibat Karhutla di Kalsel berdampak pada meningkatnya serangan ISPA pada masyarakat. Bahkan Wakil Menteri LHK, Alue Dohong  harus mendapatkan perawatan medis akibat terpapar kabut asap setelah beberapa hari terjun langsung memadamkan api di areal lahan dan hutan gambut ring satu sekitar bandara Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat