visitaaponce.com

TMC Berhasil Hujan Turun di Sebagian Besar Wilayah Kalsel

TMC Berhasil Hujan Turun di Sebagian Besar Wilayah Kalsel
Ilustrasi - Dua hari terakhir hujan dengan intesitas ringan hingga sedang menguyur wilayah Kalimantan Selatan, setelah upaya TMC oleh BNPB.(Freepik)

UPAYA teknologi modifikasi cuaca (TMC) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dinilai cukup berhasil. Dalam dua hari terakhir sebagian besar wilayah Kalsel turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Upaya TMC yang berlangsung kali ini oleh BNPB cukup berhasil. Sebagian besar wilayah Kalsel mulai turun hujan. Kita harapkan hujan akan terus turun sehingga dapat membantu mengatasi karhutla dan kekeringan di Kalsel," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kalsel, Pormadi Dharma, Senin (9/10).

Diketahui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan TMC di wilayah udara Kalsel pada 5-8 Oktober 2023. Setiap hari dilakukan dua kali penyemaian (shorti) dengan jumlah garam yang disemai pada awan hujan sebanyak 2 ton.

Data Pusdalops BPBD Kalsel pada Minggu (8/10) jumlah titik panas yang muncul di wilayah Kalsel sebanyak 644 titik, sedangkan Senin (9/10) sebanyak 234 titik. Pantauan Media Indonesia, hujan turun di sejumlah wilayah Kalsel pada sore kemarin dan pagi hari ini.

Kepala BPBD Banjar, Warsita mengatakan hujan yang turun di wilayahnya cukup deras. "Kita berharap dengan mulai turunnya hujan karhutla dan kekeringan teratasi," ujarnya.

Sementara berdasarkan data BMKG Kalsel, Senin (9/10) sejumlah wilayah Kalsel seperti Kabupaten Barito Kuala, Tabalong, Tapin, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Utara berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat