visitaaponce.com

Sambut Hari Wayang Sedunia, Boyolali Gelar Festival Dalang Bocah

Sambut Hari Wayang Sedunia, Boyolali Gelar Festival Dalang Bocah
Seorang dalang bocah memperagakan adegan panggung wayang kulit.(MI/Widjajadi)

DALAM menyambut Hari Wayang Sedunia pada 7 November, Sanggar Sedulur Keluarga Wartoyo Langgeng (SKWL) Nusantara berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Seniman Dalang Indonesia (FKSDI) menggelar Festival Dalang Bocah ke-2 tahun 2023.  

Kegiatan untuk mengedukasi anak anak agar mencintai kesenian wayang ini akan digelar di sanggar SKWL Nusantara, Tegal Giri, Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah pada tanggal 5, 6, 7 November 2023 mendatang. Menurut dalang Ki Gondo Wartoyo selaku panitia penyelenggara sekaligus pemilik Sanggar SKWL tidak dibatasi jumlah dalang cilik yang mendaftar.
 
"Jumlah tidak dibatasi, tetapi umur peserta maksimal 14 tahun, dan harus menyajikan kesenian wayang gagrak Surakarta, dengan full pathet. Pendaftaran sampai akhir Oktober ini," kata dia kepada wartawan di Nogosari, Minggu (15/10).
 
Ia meyakini, gelaran festival dalang bocah ini akan membangkitkan semangat anak anak untuk mencintai kesenian wayang, yang merupakan budaya leluhur itu.
 
"Kesenian wayang Purwo atau kulit, merupakan salah satu potensi budaya bangsa berkelas di dunia. Keberadaannya penuh dengan filosofi kehidupan.Jadi bernilai budaya yang sangat adiluhung. Bagus sebagai pembinaan karakter anak mencintai budaya sendiri," imbuh dia.

Festival Dalang Bocah diharapkan juga menumbuhkan anak untuk tidak sekadar ngirim uri budaya, tapi memunculkan generasi penerus dalang, dari mulai usia dini dan remaja.
 
"Ini kita woro-woronya lewat online. Jadi lewat Facebook, IG, TikTok, Twitter. Ini sudah banyak yang mendaftar ada sekitar 30-an dan kita gak ada batasan berapapun yang mau ikut," imbuh Wartoyo.
 
Festival Dalang Bocah 2023 melibatkan para dosen Institut Sekolah Seni ( ISI ) Surakarta sebagai juri atau tim penilai. Ada sejumlah kategori penilaian, mulai dari sanggit, otowecono, sabet, iringan, dudukan, dan lainnya.
 
Nantinya, pemenang pentas diambil juara 1, 2, 3 dan 1, 2 harapan. Mereka para juara dalang bocah akan mendapatkan uang pembinaan dan cinderamata berupa wayang. (Z-4)
 



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat