visitaaponce.com

KLHK Siapkan Generasi Muda Tangguh Bidang Lingkungan Songsong Indonesia Emas

KLHK Siapkan Generasi Muda Tangguh Bidang Lingkungan Songsong Indonesia Emas
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor memukul gong didampingi Dirjen PTKL Kementerian LHK Hanif Faisol Nurofiq pada pembukaan pembukaan Pertikawan(MI/Denny Susanto)

PROVINSI Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Regional Kalimantan tahun 2023 yang digelar di Bumi Perkemahan Kiram Kabupaten Banjar.
 
Pertikawan merupakan salah satu upaya pemerintah mempersiapkan generasi muda yang tangguh di bidang tatakelola hutan dan menjaga lingkungan dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 mendatang.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kementerian LHK, Hanif Faisol Nurofiq, dalam sambutannya pada pembukaan Pertikawan Regional Kalimantan tahun 2023, Kamis (9/11).

"Menyonsong Indonesia Emas 2045, KLHK mempersiapkan generasi muda yang tangguh di bidang tatakelola hutan dalam menjaga lingkungan melalui pembinaan generasi muda dan Pramuka (Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti)," tuturnya.

Hanif selaku pimpinan Saka Wana Bakti dan Saka Kalpataru tingkat nasional mengatakan Pertikawan merupakan kegiatan lima tahunan yang diselenggarakan enam regional di Indonesia yaitu regional Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku, serta Papua.

Dihadapan lebih 1.000 peserta Pertikawan, Hanif mengingatkan kondisi dunia yang tengah menghadapi krisis lipat tiga (three planetary crisis) yakni perubahan iklim, biodiversity loss, dan polusi. Oleh karena itu, seluruh elemen masyarakat harus aware dan dapat meningkatkan adaptasi dalam kaitannya dengan ketahanan iklim.

“Pada kesempatan ini, saya juga mengajak kakak-kakak pramuka sekalian untuk menyukseskan agenda Indonesia’s Folu Net Sink 2030. Folu Net Sink 2030 adalah sebuah kondisi yang ingin dicapai melalui penurunan emisi GRK dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan dengan kondisi di mana tingkat serapan sama atau lebih tinggi dari tingkat emisi pada tahun 2030. Adapun, proyeksi target Folu Net Sink 2030 adalah angka net sink 140 juta ton co2eq atau emisi negatif sebesar 140 juta ton CO2eq,” kata Hanif.

baca juga: Maman Harap Gerakan Pramuka Bisa Bentuk Karakter Generasi Muda

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwarda Kalsel bertindak sebagai pembina upacara pembukaan Pertikawan Regional Kalimantan yang berlangsung 8-12 November 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan Pertikawan Regional Kalimantan 2023 akan diisi beberapa kegiatan menarik dan edukatif, dengan fokus pada tema lingkungan dan budaya keberlanjutan.

Antara lain kegiatan perkemahan program Saka Kalpataru, program Saka Wanabakti, pelatihan kepemimpinan anak muda, gladian Dewan Saka, kunjungan wisata, pameran, bazar UMKM, workshop, dan bakti masyarakat.

Penyelenggaraan Pertikawan Regional Kalimantan sebelumnya tahun 2018 berlangsung di Pantai Lamaru Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

Diharapkan melalui kegiatan Pertikawan ini, para pramuka akan menjadi pionir dan tauladan yang menerapkan prinsip-prinsip perlindungan sumber daya alam, dan ekosistem serta melakukan hidup ramah lingkungan hingga ke generasi berikutnya. (N-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat