visitaaponce.com

Intensitas Hujan Semakin Tinggi, Kota Semarang dan Pekalongan Lakukan Antisipasi Banjir

Intensitas Hujan Semakin Tinggi, Kota Semarang dan Pekalongan Lakukan Antisipasi Banjir
Ilustrasi - Pemkot Semarang melakukan normalisasi sejumlah sungai mengantisipasi banjir menyusul peningkatan intensitas hujan.(MI/Akhmad Safuan)

HUJAN dengan intensitas ringan-lebat diperkirakan masih akan mengguyur puluhan daerah di Jawa Tengah mulai sore hingga malam hari. Warga diminta kembali mewaspadai bencana hidrometeorologi dan gelombang tinggi di perairan utara maupun selatan.

Pemantauan Media Indonesia Selasa (14/11) beberapa daerah di Pantura Jawa Tengah mulai mempersiapkan diri menghadapi bencana hidrometeorologi. Pemerintah Kota Semarang menggandeng Balai Besar Wilayah Sunga (BBWS) Pemali-Juana untuk melakukan normalisasi sejumlah sungai menghadapi ancaman banjir di daerah ini. 

"Kira akan mengatasi bersama menghadapi ancaman banjir karena intensitas hujan semakin tinggi, salah satunya normalisasi sungai Babon yang kian menyempit dari lebar 30 meter hanya tinggal dua meter," ujar Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Baca juga: Korban Rob Demak Digelontor Bantuan Pembangunan Rumah Apung

Normalisasi sungai ini, kata Hevearita, diharapkan dapat mencegah banjir karena air kiriman dari Kabupaten Semarang. Bahkan tanggul sungai yang jebol di Perumahan Dinar Mas lalu juga telah dilakukan perbaikan, termasuk perbaikan drainase di beberapa titik rawan banjir.

Senada, Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Aslan Djunaid mengatakan antisipasi menghadapi bencana banjir telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Selain mempercepat pembangunan tanggul laut, juga dilakukan perbaikan tanggul Sungai Bremi, dan sungai lainnya karena rawan jebol dan meluap saat musim hujan.

Baca juga: Antisipasi Banjir Pemkab Hulu Sungai Tengah Normalisasi Dua Sungai Besar

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah kembali mengingatkan warga di beberapa daerah rawan bencana untuk waspada, karena cuaca dengan intensitas hujan Ringan-Lebat masih tetap berlangsung di puluhan daerah, bahkan semakin meningkat hingga puncaknya terjadi Januari mendatang.

Petugas BMKG Jawa Tengah Harits Selasa (14/11) mengatakan cuaca cerah berawan diperkirakan berlangsung Pagi hingga siang, namun pada sore hingga awal malamakan turun hujan ringan yakni Kebumen, Purworejo, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Kendal, Batang, Kajen, Pemalang, Slawi, Brebes, Surakarta, Pekalongan,Tegal, Bumiayu, dan Majenang.

Sedangkan hujan ringan-sedang pada malam, demikian Harits, diperkirakan terjadi di Ungaran, Salatiga dan Semarang, hujan sedang: Mungkid dan Ambarawa serta hujan sedang-lebat berpotensi terjadi di Cilacap, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Purwodadi, Blora, Temanggung, dan Magelang. (Akhmad Safuan/AS)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat