visitaaponce.com

Octa Bantu Luncurkan Proyek literasi I Love Reading di Sumba Timur, NTT

Octa Bantu Luncurkan Proyek literasi 'I Love Reading' di Sumba Timur, NTT
Broker internasional Octa bekerja sama dengan Yayasan Tunas Aksara (YTA) memberi pelatihan kepada 10 guru dari empat sekolah.(Ist)

LAYANAN broker internasional Octa baru-baru ini mengumumkan untuk mendukung organisasi kemanusiaan Yayasan Tunas Aksara (YTA) dalam memberikan pelatihan kepada 10 guru dari empat sekolah.

Melalui inisiatif 'I Love Reading', para guru mendapat pelatihan dalam mengelola dan mengorganisir perpustakaan buku.

Dengan kegiatan lokakarya selama sehari, para guru juga mendapat buku-buku dan materi pendidikan yang diorganisir dalam sistem distribusi 'Library in the Box' yang diberikan kepada 200 siswa.

Baca juga: Peringati Hari Guru Nasional, Penerbit Erlangga Gelar Giat Literasi di Kulon Progo

Proyek 'Library in the Box' telah berlangsung di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NNT) pada pertengahan Agustus 2023.

Dalam keterangan pers, Rabu (29/11/2023), perwakilan Octa mengatakan bahwa tujuan kegiatan literasi perta melatih 10 guru dalam rutinitas manajemen 'Library in the Box', 

Para guru diharap bisa memahami panduan untuk berbagai tahapan dalam berinteraksi dengan buku saat mengajar siswa

Kedua, melatih 10 guru dalam sistem manajemen 'Library in The Box' agar dapat mengelola administrasi 'Library in The Box', yang terdiri dari buku-buku utama, peminjaman buku, pengembalian buku, penerbitan dan penggunaan kartu peminjaman buku, peraturan peminjaman buku, dan cara siswa merawat buku-buku yang dipinjam.

Baca juga: Penerbit Erlangga Gelar Giat Literasi Keliling Nusantara di Trenggalek 

Ketiga, melatih teknik 'membaca dengan suara lantang' untuk 10 guru sehingga mereka dapat terlibat dalam kegiatan membaca lantang dengan siswa

Tak hanya itu, Yayasan Tunas Aksara (YTA) telah melaksanakan beragam kegiatan yang mendorong anak Indonesia dapat memiliki kesempatan belajar membaca dan belajar mencintai membaca. 

Dengan 'Library in the Box', anak-anak dapat membaca dan ikut serta dalam kegiatan membaca. Hal ini menjadi mungkin dalam lingkungan yang sarat akan keterbukaan, dukungan, dan keamanan.

Berkat pendekatan ini, pustakawan, guru, kepala sekolah, orang tua, masyarakat secara keseluruhan, serta aparat pemerintah mendorong dan melibatkan anak-anak dalam kegiatan membaca yang menyenangkan dan bermakna.

Baca juga: Program 'Berkarya Bercerita' Bantu Anak-Anak Wujudkan Impian

Octa sepenuhnya setuju dengan pernyataan YTA yang menyatakan bahwa membaca dapat mengubah hidup.

Dengan membaca, seseorang dapat meletakkan dasar bagi pendidikan yang baik—yang dapat membuat orang lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif.

Meningkatkan literasi di kalangan anak-anak sekolah di Indonesia sangat penting untuk perbaikan kualitas pendidikan yang merata di Indonesia.

Untuk memperingati ulang tahun ke-12, Octa memutuskan untuk mengadakan proyek-proyek edukasi seperti ini, tidak hanya di Indonesia—tetapi juga di India, Nigeria, dan Malaysia. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat