visitaaponce.com

Politeknik Negeri Indramayu Bantu Penjual Rengginang Lewat Mesin Press Pneumatic

Politeknik Negeri Indramayu Bantu Penjual Rengginang Lewat Mesin Press Pneumatic
Pemberian alat press pneumatic kepada penjual Rengginang di Indramayu(Dok. Politeknik Negeri Indramayu)

DEWI Kuswardini, ibu rumah tangga asal Indramayu, Jawa Barat, tidak menyangka usaha kecilnya menitipkan rengginang ke pedagang kecil di pinggir jalan, justru menuai respons positif masyarakat.

Dewi awalnya hanya berniat untuk menambah pemasukan untuk keluarganya. Namun, peminat rengginang buatannya justru banjir peminat, hingga ia harus menambah karyawan untuk membantunya mencetak rengginang.

Melihat kebutuhan untuk mencetak rengginang dalam waktu cepat, Polteknik Negeri Indramayu melakukan pengabdian masyarakat dengan membuat alat pencetak rengginang.

Baca juga : Menteri Sandiaga Uno Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kepariwisataan

Metode pembuatan rengginang saat ini sudah menggunakan alat yang lebih modern lagi yaitu menggunakan alat press pneumatic pencetak rengginang

Alat itu dibuat oleh tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Indramayu yang dipimpin Suliono. 

Baca juga : Politeknik Pariwisata NHI Bandung Mewisuda 618 Lulusan

“Ide kreartif ini muncul setelah tim pengabdian kepada Masyarakat dari Politeknik Negeri Indramayu berbincang-bincang dengan salah satu pemilik usaha rengginang yang ada didaerah kertasemaya. Dimana pada saat itu karyawan dari ibu dewi sedang membuat rengginang secara manual,” kata Suliono.

Dengan 5 alat Press Pneumatic yang diberikan kepada Dewi, mampu menghasilkan 49 buah rengginang sekali tekan. Dengan menggunakan alat press pneumatic ini produksi rengginang yang dilakukan oleh Dewi semakin berkembang. 

“Dari penggunaan alat mesin press pneumatic ini mampu memenuhi permintaan pelanggan akan makanan ringan berupa rengginang yang dijual disekitar jalan pantura. Pendapatan atau income dari alat yang dioperasikan Dewi untuk membuat rengginang semakin meningkat,” pungkas Suliono. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat